DPRD Gelar Diskusi Publik Bertema Keterbukaan Informasi Perlindungan Anak di Kota Makassar

Reporter :
Editor : M N Ubay

Online24,Makassar– Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, menggelar diskusi publik, dengan tema “Menakar Keterbukaan Informasi Perlindungan Anak di Kota Makassar. Acara tersebut digelar di Hotel Denpasar, Jalan Boulevard, Jumat (11/5/2018).

Hadir sebagai narasumber Ketua DPRD Kota Makassar;Farouk M Betta, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Makassar;Fadiah Mahmud dan Kepala Dinas Perlindungan Anak Kota Makassar, Tenri Apallo.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Makassar, Fadiah Mahmud, mengatakan, terkhusus pada sistem pencatatan dan pelaporan kegiatannya, hasilnya kadang kurang maksimal untuk memberikan informasi yang dibutuhkan semisal informasi tentang kesehatan yang berhubungan dengan perlindungan anak.

“Mengingat tema diskusi kita ini adalah “menakar”, maka ini berarti sejauh mana sistem penyediaan informasi kita. Pada dasarnya data yang terolah sampai dengan penyediaan informasi, sebenarnya sudah atau melekat pada tugas dan fungsi masing-masing instansi dalam menyediakan data dan sistem informasi, termasuk pelaksanan kegiatan dan programnya,” terang Fadiah.

Penyediaan informasi, lanjutnya, selama ini dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari sumber data yaitu buku-buku registrasi pelayanan, dimana setiap petugas sebagai provider (pemberi pelayanan kesehatan anak) mencatatnya dalam buku register ini. Didalam register pencatatan ini terdiri dari identitas penerima layanan, jenis pelayanan yang diberikan, hasil dan interpretasinya serta tempat dan waktu pelayanan.

“Jadi secara ketersediaan informasi, semua bisa dipastikan telah tercatat. Nah, tergantung pengguna informasi nanti apakah yang dimohonkan termasuk informasi yang dikecualikan atau tidak dan tentu itu mestinya diatur melalui sebuah regulasi atau peraturan daerah,” tandasnya.