Ini Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Editor : Asri Muhammad
Ilustrasi Bau Mulut (foto : meetdoctor.com)
Ilustrasi Bau Mulut (foto : meetdoctor.com)

Online24, Makassar – Saat berpuasa, bau mulut menjadi salah satu masalah yang dialami setiap orang. Bau mulut sendiri, bisa membuat orang kehilangan rasa percaya diri.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menyikat gigi secara rutin dan berkumur menggunakan larutan antiseptik. Tahukah anda, jika ada beberapa alasan yang menyebabkan bau mulut?

Dilansir dari Kumparan, ahli gizi dan klinis, dr. Jovita, M,sc. Sp.GK, mengatakan jika salah satu penyebab utama bau mulut saat berpuasa adalah adanya peningkatan asam lambung dalam perut. Dan umumnya, hal tersebut disebabkan karena mengkonsumsi makanan tertentu, salah satunya adalah makanan berkarbohidrat simpel.

Makanan manis seperti kue, gorengan, sereal, atau donat sebaiknya dihindari saat sahur karena dapat memperlambat pengosongan lambung, yang akan berakibat pada kenaikan asam. Hal inilah yang dapat memicu risiko maag, mual, dan bau mulut.

Tak hanya makanan manis dan gorengan, menyantap makanan atau minuman berkafein dan berkarbonasi seperti kopi, teh, dan soda saat sahur atau berbuka puasa juga rupanya juga dapat memicu peningkatkan asam lambung.

“Selain bau mulut, menyantap makanan berkafein saat sahur atau berbuka dapat menyebabkan sakit tenggorokan, sehingga dapat memengaruhi aktivitas puasa dan beribadah di bulan Ramadhan,” jelas dr. Jovita seperti dikutip dari Kumparan.

Lebih lanjut dr. Jovita, M,sc. Sp.GK juga mengatakan, saat berpuasa sebaiknya hindari mengkonsumsi aneka makanan yang mengandung gas. Tak hanya membuat perut kembung, makanan ber-gas seperti brokoli, asparagus atau kol dapat memicu pengendapan gas dalam tubuh, sehingga akan menyebabkan bau mulut.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, selain menghindari sejumlah makanan tertentu, menghilangkan bau mulut juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menetralisir bau mulut, seperti kemangi, cengkeh, daun ketumbar, dan mentimun saat sahur dan berbuka.

Selain itu, langkah selanjutnya adalah mengkonsumsi lebih banyak air putih. Kamu dapat mengkonsumsi dua gelas air putih saat berbuka, dua gelas di malam hari, dua gelas menjelang tidur, dan dua gelas saat sahur.

“Perbanyak minum air putih saat bulan puasa. Bukan cuma mencegah tubuh dari dehidrasi, lemas, dan kantuk, cara ini juga sangat ampuh untuk meminimalisir risiko bau mulut,” pungkasnya.

Tulisan ini diambil dari KumparanFood.