Ini Manfaat Tersembunyi Bawang Putih

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Bawang putih dikenal sebagai salah satu jenis bumbu dapur. Dalam dunia masak memasak, bawang putih memiliki manfaat untuk menyedapkan rasa masakan. Namun ternyata selain menyedapkan rasa masakan bawang putih memilki segudang manfaat lainya.

Dilansir dari laman Hellosehat.com bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. diantaaranya, :

1. Menjaga kesehatan otak
Mengkonsumsi bawang putih mentah diketahui dapat mencegah berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan dementia . Penelitian terbaru dalam Journal of Neurochemistry membuktikkan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

2.Meredakan infeksi, radang, dan pilek

Berbagi penyakit yang cukup umum ternyata bisa diredakan dengan bantuan bawang putih mentah yang kaya akan allicin. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit.

Sebuah studi dalam jurnal Advances in Therapy membuktikan bahwa makan bawang putih mentah di musim flu bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah penyakit tersebut.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak.

4. Menurunkan risiko kanker

Berbagai penelitian ilmiah di seluruh dunia telah membuktikan khasiat makan bawang putih mentah untuk membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru. Bawang putih mentah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif. Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, senyawa tersebut bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Ini karena sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen, dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.