Cegah Dehidrasi Saat Puasa

Editor : M N Ubay
ilustasi. foto/internet
ilustasi. foto/internet

Online24, Makassar – Beberapa hari lagi memasuki bulan Ramdhan. Itu artinya seluruh umat muslim di seluruh dunia akan mejalankan ibadah puasa, dimana tidak boleh makan minum dari subuh hingga magrib. Dilansir dari laman Tidak minum selama kurang lebih 12 jam puasa sambil melakukan aktivitas di luar ruangan dapat beresiko mengalami dehidrasi. Meski hanya dehidrasi ringan, namun hal tersebut bisa menggngu aktivitas.

Berikut tips agar dehidrasi tak dehidrasi saat puasa ;

1. Perbanyak minum di malam hari menjelang sahur

Penuhi kebutuhan cairan anda dalam sehari dengan memperbanyak minum pada malam hari menjelang makan sahur. Bila tkut kembung anda bisa minum dan memenuhi kebutuhan anda sesaat sebelum tidur di malam. Bahkan jika terbangun di malam hari, usahakan untuk menyempatkan minum terlebih dahulu.

2. Utamakan minum air putih

Hindari mengonsumsi minuman yang berkafein atau memiliki kandungan gula tinggi – apalagi saat sahur. Hal tersebut hanya akan membuat tubuh anda kehausan dalam beberapa jam saja. Sumber cairan yang terbaik adalah air putih, selain mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh, air putih tak kan membuat Anda berisiko mengalami berbagai penyakit kronis di kemudian hari.

3. Imbangi protein dan cairan yang masuk ke dalam tubuh

Makanan dengan protein tinggi dapat membuat anda kehausan dalam waktu yang cepat dan kehilangan cairan. Untuk menghindari hal tersebut, seimbangkan menu sahur anda dan minum dengan cukup.

4. Jangan terlalu banyak makan makanan asin saat sahur

Makanan bergaram dapat membuat anda cepat haus bahkan hingga kekurangan cairan. Sebab, garam sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh. Terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh hanya akan mengacaukan pengaturan tersebut dan akhirnya membuat anda cepat haus.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu