Komentar Robert Alberts Soal Kepemimpinan Wasit Arema vs PSM

Editor : Aris Munandar
Pelatih PSM Robert Rene Alberts
Pelatih PSM Robert Rene Alberts

Online24, Malang – Pertandingan antara Arema FC menjamu PSM yang berakhir imbang 1-1 diwarnai sejumlah keputusan kontroversi. Wasit dinilai banyak mengeluarkan keputusan yang menguntungkan Singo Edan.

Sedikitnya, ada empat keputusan hakim garis mengangkat bendera tanda offside kepada pemain tim Juku Eja yang dinilai keliru di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (13/5/2018).

Hal ini direspon warganet. Mereka mempertanyakan wasit yang nilai berat sebelah mempimpin laga.

Selain itu, wasit utama Faulur Rosy juga banyak memberi hadiah tendangan bebas kepada Arema di depan kotak penalti PSM.

Ini juga. Anu nassa sekali temang2. Wasit nganu… nganu!!! #psmday #ewakopsm

A post shared by psm_update ? (@psm_update) on

Pelatih PSM, Robert Rene Alberts enggan berkomentar soal kepemimpinan wasit. “Saya tidak mau mengomentari kinerja wasit, karena itu tidak baik bagi saya,” ucapnya saat jumpa pers usai laga.

Namun ia mengaku telah melihat tayangan ulangnya. Ia meminta publik sendiri yang menilai soal kinerja pengadil lapangan.

“Saya mendapat laporan tentang apa yang terjadi di lapangan, terutama dari tayangan di televisi. Jadi silahkan teman-teman cek sendiri sebenarnya apa yang terjadi,” ucapnya usai laga.

Pelatih asal Belanda ini hanya berharap, hasil imbang di kandang sendiri tak membuat pelatih Arema FC, Joko Susilo dipecat. “Dengan hasil imbang ini, saya berharap Joko tetap melatih Arema,” ucapnya berempati.

Robert juga mengapresiasi barisan pertahanannya yang tampil tanpa beberapa pemain pilarnya seperti Steven Paulle, Hasyim Kipuw, dan Fauzan Jamal.

“Saya puas dengan penampilan disiplin lini pertahanan, meski beberapa pemain inti absen. Ke depan saya yakin tim ini akan lebih baik lagi kalau mereka sudah kembali,” ucapnya.

PSM sebenarnya unggul lebih dulu pada menit 65 lewat Marc Anthony Klok. Namun, Arema mampu membalas lewat sepakan keras Thiago Furtuoso dua menit berselang.

Hanya meraih satu poin membuat Arema tertahan di dasar klasemen dengan 6 poin. Sementara PSM berhasil naik ke posisi kedua dengan koleksi 14 poin.