Berat Badan Tetap Naik Saat Puasa? Ubah 5 Kebiasaan Anda

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Sebagai umat Muslim puasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya. Sebagai ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dari sisi kesehatan, berpuasa menjadi cara untuk detoksifikasi tubuh dari radikal bebas yang jahat. Dengan berpuasa, tubuh mengeluarkan toksin jahat yang mungkin sudah lama bersarang di dalam tubuh.

Tapi, terkadang kita merasa heran karena selama berpuasa berat badan malah naik. Tentunya ini menjadi pertanyaan banyak orang.

Nah daripada penasaran, coba simak 5 masalah yang mungkin bisa menjadi penyebabnya.

1. Balas dendam saat berbuka!
Banyak dari Anda yang mungkin begitu lahap menyantap makanan dan minuman saat berbuka puasa. Padahal makan berlebihan saat berbuka puasa menjadi salah satu biang keladi masalah ini.

2. Makan manis berlebihan
Ini yang menjadi masalah banyak orang. Makanan paling nikmat disantap saat berbuka puasa memang makanan manis. Makanan ini yang biasanya dikonsumsi berlebihan dan secara tidak langsung, makanan manis ini menjadi sumber kenaikan bobot tubuh.

3. Pola makan keliru
Saat Anda berbuka dan sahur, kadang Anda lupa untuk mempertimbangkan kalori makanan tersebut. Karbonya lebih banyak, buahnya kurang. Pola makan ini yang akhirnya menggangu bobot tubuh Anda.

4. Malas berolahraga
Agar tetap terjaga kesehatannya, Anda harus tetap berolahraga dan istirahat cukup. Dengan kecukupan aktivitas fisik, maka tubuh Anda tetap vit juga saat menjalani puasa.

5. Langsung tidur setelah sahur
Sebab, proses pencernaan makanan menjadi tidak maksimal. Alhasil, lemak akan menumpuk dan membuat perut atau tubuh Anda gemuk. Penerapan nutrisi yang tidak maksimal ini juga yang membuat Anda gampang sakit!

Jadi mulai sekarang, ubahlah kebiasaan lama saat menjalani puasa selama Ramadhan.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu