Xiaomi Kejar Samsung Kuasai Pasar ponsel Indonesia

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Untuk kuartal pertama 2018 pada riset pengapalan Canalys, Xiaomi berhasil menempati posisi kedua dalam jajaran vendor smartphone terbesar di pasar Indonesia.

Berdasarkan data laporan estimasi yang diperbaharui setiap tiga bulan tersebut, tercatat vendor Xiaomi mencapai pangsa pasar sebesar 18,3 persen atau angka pengapalan mencapai 1,7 juta unit. Dapat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kuartal pertama tahun 2017 hanya 107 ribu unit. Diketahui pula dalam laporan tersebut, bahwa pertumbuhan mencapai 1.455 persen.

Head of South Pacific Region and Country Manager Xiaomi Indonesia, Steven Shi mengungkapkan rasa kegembiraannya kepada segenap partisipan yang telah berkontribusi dalam pencapaian tersebut.

“Kami sangat gembira dapat merasakan dukungan yang luar biasa terhadap Xiaomi di Indonesia. Pertumbuhan operasional yang kami capai melalui peningkatan kapasitas produksilokal, jalur penjualan online dan offline, rekrutmen talenta terbaik, ekspansi layanan purna jual, dan dukungan dari para Mi Fans tentunya telah berkontribusi terhadap progres dan pertumbuhan Xiaomi di Indonesia,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman Mi Community Indonesia.

Xiaomi masuk ke Indonesia pada bulan Agustus 2014, sejak itu telah merombak tatanan industri smartphone dalam negeri.

Dengan serangkaian lini produk berkualitas, perusahaan ini tetap menawarkan harga yang bersahabat. Tentu hal ini banyak digandrungi oleh masyarakat.

“Kami akan terus bekerja keras untuk menjaga momentum ini dan untuk meluncurkan lebih banyak lagi produk berkualitas tinggi dengan harga yang jujur di Indonesia,” tulisnya.

Selain itu, berdasarkan data yang ditampilkan Canalys, Samsung masih bertahan pada posisi teratas di kuartal pertama 2018 pasar smartphone Indonesia, dengan torehan pengapalan perangkat sebanyak 2,3 juta unit dan menguasai pangsa pasar 25,5 persen, serta pertumbuhan 17,2 persen dari tahun sebelumnya.

Pada riset ini, Canalys juga menampilkan tiga posisi lainnya yaitu Oppo, lalu disusul Vivo, kemudian Smartfren.