Ingin Tingkatkan Pertanian di Pinrang, Iwan-Alimin Siapkan Program Khusus

Editor : Asri Muhammad
Calon Bupati Pinrang nomor urut 2, A Iwan, bertemu dengan petani.
Calon Bupati Pinrang nomor urut 2, A Iwan, bertemu dengan petani.

Online24, Pinrang – Pasangan Calon Bupati Pinrang nomor urut 2 Iwan-Alimin menyiapkan program utama untuk pembangunan dunia pertanian. Mereka menjanjikan sektor pertanian yang lebih baik di Bumi Lasinrang masa yang akan datang.

Calon Bupati nomor urut 2, A Iwan mengatakan, jika pembangunan dunia pertanian tidak hanya terletak pada bantuan kepada para petani meliputi bantuan benih, pupuk, alat pertanian sampai kepada asuransi dunia pertanian dan pembenahan infrastuktur, tetapi bagaimana menciptakan iklim usaha pertanian yang kondusif dan berpihak kepada para petani.

Minimnya informasi mengenai cara efektif peningkatan hasil produksi pertanian, keterbatasan sumber daya, dan kurangnya tingkat intervensi positif dari pihak penyuluh pertanian juga turut berpengaruh pada kegagalan peningkatan produksi pertanian tersebut,” ungkapnya, Selasa (15/5/2018).

Saatnya, lanjut Iwan, para petani kita lebih sejahtera dengan stabilisasi harga gabah serta mekanisasi dan penerapan teknologi di dunia pertanian.

”Banyak pelaku pertanian kita yang mengeluhkan rendahnya hasil atau tingkat produktivitas panen. Namun jarang di antara mereka yang mau melakukan evaluasi dan introspeksi lebih jauh. Kebanyakan dari mereka melakukan aktivitas pertanian dari mulai pengolahan hingga pemanenan dengan cara-cara konvensional, saatnya mekanisasi dan penerapan teknologi dunia pertanian kita,” ujarnya.

Sementara itu, calon Wakil Bupati H. Alimin menambahkan, bahwa secara umum dunia pertanian di Kabupaten Pinrang memerlukan penanganan yang lebih serius, meliputi intensifikasi pertanian melalui pengolahan lahan pertanian yang ada dengan sebaik-baiknya, untuk meningkatkan hasil pertanian dengan menggunakan berbagai sarana. Demikian juga, lanjut Alimin, dengan Ekstensifikasi Pertanian dengan meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian baru yang belum dimanfaatkan.

“Keberhasilan usaha peningkatan produksi pertanian memang dipengaruhi oleh banyak faktor, dan inilah menjadi program utama kami jika terpilih,” tandasnya.