Pjs Gubernur Sulsel Sebut Makassar dan Sidrap Masih Zona Merah Pilkada

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono menyebutkan bahwa Kota Makassar dan Kabupaten Sidrap masih termasuk dalam zona merah pilkada.

“Daerah yang relatif perlu diwaspadai adalah Kota Makassar dan Kabupaten Sidrap,” kata Soni Sumarsono usai menggelar rapat terbatas bersama Forkopimda dan FKBU di Rumah Jabatan Gubernur, Jalan Jendral Sudirman, Kota Makassar, Selasa (15/5/2018).

Meski secara umum berdasarkan laporan dari Bawaslu dan KPUD Sulsel dan pantauan Forkopimda umumnya pilkada serentak 2018 relatif cukup aman dan terkendali. Namun menurut Soni, dua daerah tersebut perlu mendapat perhatian khusus dari pihak pengamanan.

“Jadi dua daerah itu masih zona merah pilkada kita perlu mewaspadai dengan meningkatkan pengamanan,” tambah Soni.

Tak hanya, Soni mengklasifikasi lima daerah lainnya untuk dicermati perkembangan kondisi keamanannya. Sebab, kata dia, dinamika politik di setiap daerah sewaktu-waktu bisa berubah.

“Yang dicermati perkembangan situasinya ada Pare-Pare, Palopo, Pinrang, Jeneponto dan Sinjai sementara lainnya masih hijau. tapi kita lihat dinamikanya di lapangan karena suatu saat bisa berubah, yang kuning bisa jadi hijau atau kuning jadi merah,” jelasnya.

Kendati demikian, Ia berharap agar pilkada serentak 2018 di Sulawesi Selatan dapat berjalan dengan damai dan lancar.

Diketahui, pemilihan kepala daerah serentak 2018 di Sulawesi Selatan akan dihelat di 12 kabupaten/kota bersama pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur tanggal 27 Juni mendatang.