Jemaah di Gowa Ini Sudah Puasa Sejak Senin

Editor : Asri Muhammad
Jemaah Hawariun Ansarullah sudah puasa sejak Senin (14/5) lalu. (foto : detik.com)
Jemaah Hawariun Ansarullah sudah puasa sejak Senin (14/5) lalu. (foto : detik.com)

Online24, Gowa – Kementerian Agama telah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada 17 Mei besok. Namun, sejumlah warga di Kabupaten Gowa telah berpuasa sejak Senin (14/5) lalu. Warga ini merupakan jemaah Hawariun Ansarullah.

Mereka menetapkan awal Ramadhan berdasarkan hisab atau perhitungan bulan, dan berdasarkan pengamatan bulan terakhir pada Ahad dinihari. Berdasarkan pengamatan itulah, jemaah yang bermukim di Borong-borong, Dusun Pattolosang, Desa Maccinibaji, Kecamatan Bajeng ini, lebih dulu memasuki Ramadhan.

“Kami berdasarkan hisab, di mana bulan terakhir sekitar pukul 05.30 WITA Ahad dini hari. Kami menghitung sejak bulan purnama ke-15 hingga malam ke-27, dan berhenti berhitung dan mengamati berakhirnya bulan di timur. Jadi otomatis kami mengawali puasa Senin,” jelas pimpinan jemaah Hawariun Ansarullah, Sultan Daeng Lotteng, seperti dilansir Detik.

Jemaah ini memiliki keunikan tersendiri, selain memiliki ciri fisik dengan berambut panjang dan mengenakan jubah hitam, mereka sehari-hari menggunakan bahasa Ibrani kuno yang disebutnya Ibrani Mansyuriah.