Bupati Puji Inovasi Desa Awas Sadar Pemilu Panwaslu Takalar

Editor : Asri Muhammad

Online24, Takalar – Bupati Takalar, Syamsari Kitta, membuka dengan resmi Rapat Koordinasi Stakeholder di Kabupaten Takalar dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan yang dilaksanakan oleh Panwaslu Takalar di Nine Ball Cafe, Selasa (15/05/2018).

Komisioner Panwaslu Takalar, Nellyati Makkarumba mengawali sambutan dengan menjabarkan upaya Panwaslu Takalar telah mengajak pemilih pemula untuk sadar mengawasi pemilu dengan melaksanakan lomba tulisan tentang pengawasan pemilu dan kedepan akan menerbitkannya dalam buku yang akan launching dlm waktu dekat.

Selain itu, telah dibentuk Forum AWAS (Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi) yang terbentuk dari berbagai LSM, Lembaga Pemuda, Lembaga Mahasiswa dan Organisasi Masyarakat Takalar. Hingga Panwaslu telah membentuk 8 Desa/Kelurahan Awas Pemilu ( Desa sadar Pemilu) yakni Kelurahan Bajeng, Parangluara, Canrego, Bulukunyi, Desa Bontokassi, Bontokaddopepe, Lagaruda dan Desa Massamaturu.

“Panwaslu Takalar telah berinovasi menyadarkan pemilih pemula mengawasi pemilu dengan lomba tulisan Awasi pemilu dan akan launching bukunya, Pembentukan Forum AWAS dan 8 Desa/Kelurahan AWAS sadar pemilu,” ungkap Nelly.

Bupati Takalar, Syamsari dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan bangga atas inovasi Panwaslu Takalar untuk mengantisipasi kecurangan pemilu dengan keterlibatan stakeholder untuk bekerja sama dalam mencegah kecurangan dalam pesta demokrasi di Kabupaten Takalar.

“Inovasi Panwaslu Takalar dalam pengawasan dan pencegahan kecurangan pemilu harus di apresiasi positif dan harus kita support dengan keterlibatan stakeholder yang lebih efektif,” ucapĀ  Bupati Takalar yang ramah senyum tersebut.

Bupati Takalar juga mengupayakan Kantor Panwaslu Takalar untuk direnovasi. “Akan kita hibahkan dan menjadi kantor tetap demi kemajuan kinerja pengawasan pemilu,” tambah Syamsari.

Dalam rapat koordinasi tersebut Kepala Kelurahan Bajeng Syafaruddin menyatakan kesiapannya dalam mensukseskan Lurah/Desa AWAS Sadar Pemilu, dan telah mengagendakan di bulan puasa untuk perluasan sosialisasi Lurah/Desa Awas Sadar Pemilu. Demikian halnya dengan kelurahan/desa lainnya yang ikut bersama wujudkan Desa Awas Sadar Pemilu tersebut.

Turut Hadir Perwakilan Partai Politik, KPU Takalar, PWI, KNPI Kabupaten Takalar,Pimpinan Kecamatan Panwaslu se Kabupaten Takalar, Forum AWAS, Pendamping Desa dan Stakeholder Panwaslu Kabupaten Takalar.