Polda Sulsel dan Jajaran Polres Siap Amankan Ramadan

Editor : Aris Munandar
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. (Adam/Online24)
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. (Adam/Online24)

Online24, Makassar – Untuk menjamin keamanan beribadah di bulan suci Ramadan 1439 H, Polda Sulsel dan jajarannya menyiapkan berbagai langkah pengamanan.

“Polda Sulsel menghadapi bulan Ramadan ini telah bekerja dengan TNI pengamanan di tempat-tempat ibadah. Itu sangat penting kita lakukan apalagi saat ini Indonesia masih di landa oleh teror,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani saat ditemui di bilangan Jalan Urip Sumoharjo, Rabu (16/5/2018).

Selain itu, setiap Polres-Polres di jajaran Polda Sulsel pun telah menyiapakan pengamanan khusus dalam rangka menyambut bulan suci tahun ini.

Seperti di Wilayah Hukum Polrestabes Makassar, Wakapolrestabes Makassar AKBP Hotman Sirait saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya telah menyiapakan pengamanan terkait balap liar yang sering terjadi di wilayah Kota Makassar.

“Untuk balap liar Polsek-Polsek di jajaran Polrestabes tentu akan melakukan tindakan preventif sampai kepada penangkapan dan penyitaan kendaraan,” ungkapnya.

Sementara Kapolres Gowa, AKBP Shinto Siltonga mengatakan siap melakukan pengamanan. Ia pun mengatakan pam Ramadan akan dilanjutkan dengan operasi ketupat.

“Kami sudah masuk giat pam menjelang bulan suci Ramadan sejak kemarin. Untuk operasi ketupat akan dimulai h-7 sampai h+5 lebaran. Pam di bulan suci Ramadan akan dilakukan oleh 650 personil Polres dan Polsek jajaran,” ungkap Sintho.

Sementara di Wilayah Hukum Polres Maros, Kapolres Maros, AKBP Yohannes Ricard telah melakukan kordinasi dengan pihak terkait untuk menjaga keamanan saat bulan ramadhan. Ia mengatakan pada bulan ramadhan akan ditugaskan anggota kepolisian saat waktu Magrib hingga selesai shalat Tarwih.

“Sedang dikordinasikan dengan instansi lain. Untuk pengamanan di lingkungan masjid direncanakan sekitar dua personil untuk saat menjelang Magrib sampai dengan salat tarwih,” ungkap Ricard.

Sementara Kapolres Bantaeng, AKBP Adip Rojikan mengatakan pihaknya telah membentuk tim khusus untuk mengantisipasi balap liar pada bulan ramadhan di wilayah Kabupaten Bantaeng.

“Latar belakang pembentukan tim Anti Balap Liar itu adalah situasi tahun sebelumnya, dimana kecenderungan remaja, khususnya di Kabupaten Bantaeng itu, meramaikan bulan puasa dengan cara balapan liar,” terangnya.

Begitu pun di wilayah hukum Polres Tana Toraja, AKBP Julianto Sirait selaku Kapolres Tator mengatakan juga telah memulai pam ramadhan.

“Mulai hari rabu, kami juga baru selesai diskusi dengan forum komunikasi umat beragama tana toraja. Pam akan berlangsung selama bulan puasa,” ungkapnya.

Kesiapan pam ramadhan juga telah dilakukan oleh Polres Pinrang. AKBP Adhy Purboyo mengatakan telah menyiapkan personil untuk menjaga keamana dalam bulan ramadhan. Ia menyebut menyiapkan 224 personil pam ramadhan.

“Sprint sudah saya terbitkan, mulai hari pertama puasa dilanjutkan dengan operasi ketupat. Namun pada hakekatnya polri terus mengamankan wilayah nya masing-masing, bukan hanya saat bulan ramadhan,” pungkasnya.