Cara Ini Ampuh Usir Kantuk Saat Puasa

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Kita mengalami perubahan pola tidur saat bulan Ramadhan karena kita akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur.Saat puasa juga, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama berjam-jam hal tersebut membuat tubuh jadi lebih lemas dan mengantuk. Berikut tips untuk mengurangi rasa kantuk saat puasa.

1. Tidur siang sejenak
Bila rasa kantuk sudah tak tertahankan lagi, satu-satunya jalan adalah dengan tidur. Namun bagaimana bila kita sedang diantara pekerjaaan. Kita bisa mencuri waktu di sela-sela pekerjaan untuk tidur siang. Tak perlu waktu lama, hanya 5-25 menit saja untuk tidur siang, maka setelah bangun badan kita akan terasa segar kembali.

2. Lakukan Peregangan
kita bisa melakukan sebuah peregangan ringan,misalnya dengan berjalan kaki . Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguak bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi Anda hingga dua jam ke depan. Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

3. Mengobrol
Bila sedang di tempat kerja dan merasa mengantuk, carilah teman untuk sekedar mengobrol. Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi.

4. Ganti pemandangan

Bila seharian menghadap layar komputer terus, mata akan terasa lelah sehingga Anda jadi cepat mengantuk. Untuk itu, usahakan untuk mengganti pemandangan ketika kantuk menyerang. Alihkan pandangan Anda dari layar selama 20 detik. Ulangi terus setiap 20 menit. Hal ini akan membuat mata jadi lebih rileks dan segar.