Ini Penyebab dan Cara Hilangkan Bau Kaki

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Selama ini, banyak yang mengeluh dengan bau kaki. Pasalnya, bau kaki cukup menyengat apalagi di ruangan yang ber-AC.

Lalu, kenapa bisa muncul bau kaki? Banyak faktor yang menyebabkannya. Sama seperti bagian tubuh lainnya, kaki juga mengeluarkan keringat. Bahkan kaki memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak ketimbang area lainnya.

Dilansir dari Detik, Keringat dari kaki umumnya tidak berbau. Tapi ketika bercampur dengan bakteri, bau menyengat akan tercium. Terlebih lagi jika keringat yang keluar berlebih dan menumpuk di dalam sepatu.

Ada beberapa faktor yang membuat kaki berkeringat secara berlebihan. Salah satunya faktor medis yang disebut hyperhidrosis, kondisi di mana seseorang berkeringat secara berlebihan, umumnya karen suhu panas atau olahraga.

Atlet cukup rentan mengalami bau kaki karena mereka banyak berkeringat. Kaki dan sepatu jadi lembap sehingga menjadi tempat bersarangnya jamur maupun bakteri.

Kamu termasuk yang sering mengalami bau kaki? Ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir bau kaki, disarankan oleh dokter podiatrist Suzanne Levine, DPM, seperti dikutip dari Refinery 29.

1. Minyak Esensial
Minyak esensial seperti peppermint bisa menyamarkan bau kaki dan melawan bakteri penyebab bau kaki. Tuangkan beberapa tetes minyak esensial peppermint ke dalam satu baskom berisi air hangat, lalu rendam kedua kaki selama 15-20 menit. Bisa juga dengan menaburkan garam mandi mint sebagai pengganti minyak esensial.

2. Scrub Kaki
Munculnya bakteri dan jamur penyebab bau kaki bisa saja disebabkan karena penumpukan sel kulit mati. Rawat kaki secara teratur dengan foot scrub berbahan mint atau karbon aktif, untuk melepaskan sel-sel kulit mati. Setelah itu beri pelembap sebelum tidur.

3. Tea Tree Oil Spray
Tea tree oil dikenal dengan khasiat antibakteri. Banyak digunakan dalam produk-produk pembasmi jerawat, tea tree oil ternyata juga efektif mengatasi bau kaki. Campurkan air mineral dengan beberapa tetes tea tree oil, lalu masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan rea tree oil sebelum dan setelah memakai sepatu.

4. Antiperspirant
Produk-produk antiperspirant bisa mencegah keluarnya keringat berlebih sehingga bau kaki bisa dihalau. Kalau kakimu berkeringat cukup banyak, bisa pakai cara alternatif ini. Pilih antiperspirant dalam bentuk spray karena lebih ringan dan nyaman bagi kaki. Semprotkan sebelum memakai sepatu.

5. Bedak Deodoran
Beberapa brand perawatan mengeluarkan produk berupa bedak deodoran yang bisa menghilangkan bau kaki maupun bau badan. Kamu bisa memakainya dengan cara menaburkan sedikit bedak pada sol dalam sepatu, atau mengoleskannya langsung ke kaki.