Bau Mulut Saat Puasa? Ini Solusinya

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Ketika menjalani ibadah puasa biasanya masalah bau mulut kadang muncul. Hal itu dikarenakan sejak subuh hingga magrib membuat tubuh tidak mengasup makanan dan minuman. Karena itu jangan sampai menambah dengan makan makanan berbau menyengat seperti petai, jengkol dan duren.

Ternyata bau mulut disebabkan kurangnya air liur di dalam mulut. Produksi air liur (saliva) di mulut akan berkurang selama berpuasa.

Saliva merupakan pelembab mulut dan dapat melawan bakteri. Jika produksinya sedikit maka bakteri akan lebih mudah berkembang biak. Akibatnya, masalah bau mulut bisa muncul dengan mudah.

Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Diah M. Utari, mengatakan, untuk mencegahnya seseorang saat puasa wajib menghindari makanan yang berbau tajam. Kemudian perbanyak makan buah saat sahur dan berbuka. Kurang minum juga bisa membuat masalah bau mulut.

Karena itu Diah menghimbau untuk tetap minum air putih minimal delapan gelas sehari. Yakni saat berbuka, minum 2 gelas air putih secara bertahap, jangan langsung minum 2 gelas. Setelah tarawih minum lagi 4 gelas. Dan saat sahur, setidaknya minum 2 gelas.

Terakhir, adalah rajin menggosok gigi selama puasa. Setalah sahur jangan lupa untuk menggosok gigi, jangan langsung tidur.

“Gosok gigi setelah sahur dan akan tidur, dan pastikan tidak ada makanan tertinggal dalam mulut. Ketika wudu, kita bisa berkumur juga (tanpa diminum),” katanya.