Sengketa Lahan SDN 11 dan SMAN 4 Parepare Segera Selesai

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare – Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare segera membayar ganti rugi lahan SDN 11 dan SMAN 4 Kota Parepare.

Langkah ini diambil Pemkot, setelah melakukan pertemuan dengan DPRD, Ahli Waris, dan Badan Pertanahan (BPN) Kota Parepare.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Penataan dan Pengadaan Lahan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman (PKPP) Parepare, Ulfa Lanto. Sabtu (19/05/2018).

Menurutnya, Pemkot Parepare akan melakukan pembayaran lahan seluas 6160 m² berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA).

Pada dasarnya kata dia, lahan SDN 11 Parepare tidak memiliki permasalahan. Hanya saja, SMAN 4 Parepare merupakan kewenangan Provinsi.

“Kewenangan inilah yang menjadi tolak ukur bagi kami. Jangan sampai kami melakukan pembayaran, di sisi lain ada peraturan administrasi yang kami langgar. Untuk itu, kami telah melakukan koordinasi ke BPK, BPKP, Dinas Pendidikan Provinsi, biro hukum, biro aset, dan semua pihak terkait perihal solusi untuk SMAN 4 Parepare,” urai Ulfa.

Lebih lanjut, dia mengatakan sudah menghadap ke Provinsi yang diterima langsung Asisten III Provinsi Sulsel. Dalam pertemuannya itu, ada dua keputusan yang disepakati, yaitu pertama Pemkot Parepare tetap melakukan pembayaran terhadap SMAN 4 Parepare, yang kedua Provinsi akan membantu Pemkot Parepare melakukan pembayaran.