Makan di Warung Ini Cukup Bayar Pakai Doa, Selama Ramadhan

Editor : Muh. Idris

Online24,Depok – Sebuah rumah makan di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, jika dilihat sepintas tidak ada yang istimewa. Akan tetapi jika kita coba mampir, anda baru terkejut setelah menikmati hidangan buka puasa atau menu yang disajikan pada pelanggannya.

Pasalnya, di rumah makan tersebut, anda tidak gratis Cuma-Cuma melainkan anda harus bayar dengan doa. Soto Kauman Express namanya. Disini mereka menyediakan menu berbuka hanya dengan membayar menggunakan doa.

Ubaidillah, pemilik usaha Soto Kauman Express, mengatakan program buka puasa bayar pakai doa ini sudah memasuki tahun kelima. Sejak tahun 2014 sudah diberlakukan buka puasa bayar pakai doa dan setiap tahunnya selalu ada yang berbeda.

Setelah selesai menikmati dan menyantap soto, pengunjung cukup menuliskan doa di link bit.ly/bayarpakaidoa atau di secarik kertas yang disediakan oleh pegawai tempat makan. Kartu doa inilah yang berfungsi sebagai alat transaksi pengganti uang.

Program Buka Puasa Bayar Pake Doa ini dilakukan selain menjadi cirri khas, pemiliknya juga mengaku ingin mengejar dua keutamaan bulan Ramadan, yakni pahala dan doa orang yang berpuasa.

“Ketika memberi makanan berbuka puasa, pahalanya sama seperti yang berpuasa dan salah satu doa yang makbul adalah ketika orang berbuka puasa,” imbuhya.

Program Buka Puasa Bayar Pake Doa ini berlaku saat waktu berbuka puasa, yakni pukul 18.00 WIB–18.30 WIB. Ia mengaku kadang menyediakan 50 set makanan berbuka puasa yang terdiri atas empat hidangan per set. Tapi pengunjung harus datang lebih awal, untuk mendapatkan tempat duduk.