Atur Porsi Makan Anda Saat Berpuasa, Berikut Tipsnya

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Berpuasa bisa membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena saluran cerna diberi kesempatan untuk beristirahat dan memperbaiki proses regenerasi saluran cerna.

“Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan puasa bisa membantu. Selain itu, tekanan darah, kadar lipid darah (kolesterol), kadar gula juga bisa turun karena pada saat puasa makan (menjadi) teratur sehingga tidak berlebihan. Kalau hari biasa kadang makan berlebihan sehingga ada proses oksidasi yang menaikkan tiga hal tadi,” ungkap dokter spesialis gizi, dr Fiastuti Witjaksono, SpGK.

Dijelaskan agar kesehatan tubuh tetap terjaga maka jenis asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi harus diperhatikan. waktu makan dan minum terbagi menjadi tiga yaitu saat sahur, berbuka, dan setelah tarawih. Masing-masing waktu memiliki porsinya sendiri.

Berikut skema makan selama puasa :

1. Sahur memakan porsi 40% dari jumlah kalori harian. Pembagiannya adalah makan besar 30% dan makan kecil tepat sebelum imsak 10%. Konsumsilah komposisi lengkap yaitu diet seimbang seperti karbohidrat lengkap (nasi/roti/kentang/bihun), protein hewani (ikan/ayam/telur/daging), protein nabati (tahu/tempe), lemak, serta sayur dan buah. Selain itu minumlah air mineral minimal 2-3 gelas dan susu 1 gelas. Hindari minuman manis karena dapat meningkatkan risiko lapar.

2. Berbuka puasa memakan porsi 50% dari jumlah kalori harian yang terbagi atas 10% makanan manis, 30% makanan lengkap, dan 10% makanan kecil. Awali buka puasa dengan makanan manis agar cepat menggantikan kadar gula darah yang sudah turun. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sesuai dengan suhu tubuh. Selain itu hindari minuman yang terlalu dingin karena bisa meningkatkan risiko infeksi tenggorokan. Teh manis, kurma, kolak, dan koktail buah bisa dijadikan pilihan. Setelah itu pilihlah makanan yang seimbang dan minum paling tidak 3-4 gelas.

3. Setelah tarawih porsinya hanya 10% di mana diisi oleh makanan ringan. Jangan lupa untuk minum 1-2 gelas. Hindari konsumsi makanan berat karena dapat membuat saluran cerna bekerja lebih ekstra yang bisa mengganggu kenyamanan tidur atau bahkan menambah berat badan.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu