Ini Jenis Makanan Bikin Mulut Kering

Editor : Asri Muhammad
Ilustrasi mulut kering ( foto : sehatly.com)
Ilustrasi mulut kering ( foto : sehatly.com)

Online24, Makassar – Saat berpuasa, masalah yang sering dihadapi adalah radang tenggorokan, bau mulut serta mulut kering. Hal ini disebabkan berkurangnya produksi air liur karena kurangnya asupan cairan.

Dilansir Kumparan, kurangnya kandungan air liur pada mulut dapat memicu perkembangan bakteri pada gigi dan mulut, yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Selain kurangnya cairan, ternyata mengkonsumsi beberapa makanan juga dapat menyebabkan produksi air liur menurun dan membuat mulut menjadi kering, lho. Untuk itu, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan saat sahur atau berbuka agar produksi air liur kita tidak semakin berkurang saat berpuasa.

Berikut lima makanan penyebab mulut kering seperti dilansir Candlewood Dental Care:

1. Makanan asin

Sebaiknya, hindari mengkonsumsi makanan asin saat sedang berbuka atau sahur. Pasalnya, garam dapat menyerap kelembapan pada lidah sehingga akan membuat mulut kering. Selain itu, konsumsi garam dalam jumlah besar juga dapat memberikan dampak yang kurang baik pada tekanan darah.

2. Makanan asam

Ternyata, menyantap makanan asam seperti cuka atau permen asam dapat berdampak buruk bila dikonsumsi saat mulut sedang kering, lho. Tanpa kandungan air liur yang cukup, asam dapat merusak enamel gigi dan mengurangi ketahanan lidah dalam mencegah perkembangan bakteri dalam mulut.

3. Makanan pedas

Selain untuk melembapkan mulut, air liur juga berfungsi untuk menghilangkan rasa pedas yang menempel di lidah. Saat mulut sedang kering, makanan pedas akan membuat lidah terasa sakit karena kurangnya air liur yang dapat melindungi lidah dari panas yang dihasilkan oleh makanan pedas.

4. Makanan kering

Berbagai makanan kering seperti biskuit cracker, roti panggang, dan snack kering lainnya akan lebih susah disantap saat kita sedang kekurangan air liur. Tak hanya itu, berbagai makanan ini juga akan menyerap sisa kelembapan yang ada pada mulut ketika dikunyah. Bila tetap ingin mengkonsumsi jenis makanan ini, tambahkan celupan seperti susu cair untuk memudahkan saat dikunyah.

5. Daging

Serat daging yang cukup keras membuat kita agak sulit mengunyahnya. Proses mengunyah daging tersebut melibatkan peran gigi dan ludah agar tekstur daging menjadi lebih lembut dan mudah untuk ditelan. Tentunya, hal ini akan sulit dilakukan saat mulut kita sedang kering. Cobalah untuk memilih bagian daging yang lebih lembut dan juicy agar tidak kesulitan saat mengunyahnya.