Bahaya Minum Air Kemasan Yang Tersimpan Lama Dalam Mobil

Editor : M N Ubay
Ilustrasi : foto/internet
Ilustrasi : foto/internet

Online24, Makassar – Kebiasaan menyimpan air minum kemasan di dalam mobil yang tidak dinyalakan mesinya sepertinya harus segera di hilangkan. Mobil yang diparkir dalam keadaan mati biasanya akan bersuhu panas. Pasalnya air kemasan yang tersimpan lama di dalam mobil yang dalam keadaan mati akan bersifat toksik

Disadur dari laman Kompas.com, menurut dokter spesialis gizi klinik, Saptawati Bardosono, minuman dengan kemasan yang terbuat dari plastik bisa berbahaya jika diletakkan di tempat panas selama lebih dari dua jam. Hal ini karena suhu panas bisa membuat plastik cepat mengurai dan masuk ke air.

“Air dalam kemasan plastik yang dibiarkan dalam waktu lama dalam kondisi panas sudah bereaksi dengan plastik sehingga berbahaya jika diminum,” ujarnya.

Saptawati m mejelaskan minuman yang sudah lama tersimpan di tempat panas (mobil yang mesin nya mati) memiliki ciri-ciri terdapar serpihan-serpihan kecil di dalam air. Namun, untuk ciri-ciri fisik lainnya biasanya tidak terlalu terlihat.

Air yang sudah bercampur kimia dari plastik, lanjut dia, bersifat toksik bagi tubuh. Konsumsinya dalam jangka waktu lama akan merusak organ hati.