Candi Borobudur Merupakan Candi Termegah di Dunia

Editor : Muh. Idris

Online24,Jogja – untuk menghormati Umat Buddha merayakan Tri Suci Waisak Tri Suci Waisak 2018 atau 2562 BE. Adapun puncak perayaan Hari Tri Suci Waisak 2018 nasional dipusatkan di pelataran candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (29/5/2018).

Sebagaimana diketahui Agama Buddha terbilang cukup besar. Berdasar data, hingga umat Buddha di dunia mencapai 500 juta umat.

Secara garis besar, agama ini berdasar pada ajaran-ajaran Siddharta Gautama yang dikenal sebagai “Sang Buddha”. Ajaran Buddhisme bertujuan untuk melepaskan diri dari penderitaan dan dari siklus kelahiran kembali untuk mencapai nirwana.

Salah satu bagian dari ajaran Budha adalah keberadaan candi yang merupakan tempat beribadah mereka. Di dunia ini, Tersebar beberapa candi. Namun tahukah anda ternyata Candi Borobudur adalah Candi yang termegah di dunia.

Salah satu kebanggaan Indonesia. Candi Borobudur adalah candi paling megah di seluruh dunia. Terletak di Pulau Jawa, tepatnya di Yogjakarta, candi ini dibangun selama sekitar 75 tahun pada abad ke-8 dan 9 oleh kerajaan Sailendra. Candi ini tersusun dari 2 juta blok batu alam. Sejarah mengungkapkan bahwa candi ini mulai ditinggalkan pada abad ke-14 dengan alasan yang masih misteri.

Beberapa Candi lain di dunia yang juga cukup dikenal adalah :

1. Wat Arun
Terletak di sisi Thonburi, Sungai Chao Phraya, Wat Arun adalah salah satu landmark tertua dan paling terkenal di Bangkok, Thailand.

2. Pha That Luang
Candi ini sekilas seperti berlapis emas. Dengan beberapa stupa yang menjulang tinggi, Candi ini terletak di Vientiane, Laos.

3. Pagoda Shwedagon
Pagoda ini berada di Yangon. kuil ini dianggap sangat suci di Burma. pagoda ini pertama kali dibangun oleh Mon selama periode Bagan antara abad ke-6 dan 10, memiliki stupa setinggi 99 meter yang keseluruhannya di lapisi emas asli!

4. Bagan
Candi ini terletak di tepi Sungai Ayerwaddy. Secara keseluruhan, kompleks tempat suci ini terdiri dari kuil Buddha, pagoda, stupa, dan reruntuhan terbesar di dunia. Dilafalkan Pagan, Bagan merupakan ibukota kuno raja-raja Burma yang dibangun sebanyak 4.400 candi selama puncah kerajaan berlangsung antara 1000 dan 1200 Masehi.