Anda Mengalami Sakit Maag? Jangan Takut Puasa, Ini Alasannya

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Bagi sebagian orang yang mengalami penderita maag mungkin berpikir untuk berpuasa karena takut fungsi lambungnya terganggu.

Ternyata anggapan itu itu salah. Karena ternyata ada banyak keuntungan bila Anda tetap berpuasa. Karena pada momen inilah membuat Anda harus menjaga pola makan dan memilih menu makanan yang tepat, serta jam makan jadi teratur.

Dokter malah menganjurkan Anda untuk tetap berpuasa, meski tengah mengidap gangguan lambung alias maag. Kalau ingin puasa lancar, tinggal bagaimana caranya Anda mengatur pola puasa yang tepat supaya tetap nyaman.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Konsultan Gastroenterologi Hepatologi PB-PABDI Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB ditemukan sekira 70%-80% penderita maag tidak mengalami kelainan saat berpuasa. Hasil ini ditemukan kala mereka menjalani tes endoskopi.

“Orang yang sakit maag dianjurkan berpuasa. Hasil penelitian menunjukkan orang-orang yang melakukan endoskopi, puasanya terganggu karena makan tidak teratur, bukan karena maag,” ujarnya.

Makan tidak teratur, efeknya membuat kinerja lambung bingung. Apalagi kalau Anda terbiasa konsumsi makanan tidak sehat ketika berpuasa. Seperti halnya suka makan gorengan, langsung makan berat yang penuh karbohidrat, minuman manis berlebihan, dan sebagainya.

Karena itu, menurut dr Ari, justru banyak keuntungan bila dijalankan dengan rutin. Sebelum puasa, pastinya mereka datang konsultasi ke dokter untuk meminta anjuran puasa yang tepat.

“Jangan takut puasa, asal bisa mengendalikan diri mengatur pola makan,” terangnya.
Saat buka puasa, jangan langsung makan besar supaya kondisi lambung tak ‘kaget’. Cukup minum segelas air putih, lalu dilanjutkan makan buah. Atau pilih kurma sebagai ‘penenang’ lambung yang lama kosong.