Tak Hanya di Indonesia, Negara Ini Ternyata Juga Punya Tradisi Mudik

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Sebentar lagi idul Fitri tiba. Masyarakat Indonesia yang berada di perantauan berbondong-bondong untuk mudik kampung halaman. Mudik pada saat hari raya Idul Fitri nampaknya menjadi tradisi yang sayang untuk dilewatkan. Tetapi ternyata, budaya mudik tak hanya ada di Indonesia. Di berbagai negara juga ada tradisi mudik. Berikut tradisi mudik yang ada di berbagai negara.

1. Korea
Masyarakat Korea biasanya mudik pada saat Chuseok yaitu hari libur resmi dan dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8 di hari ke-15 penanggalan bulan. Hari Chuseok juga biasa disebut hari panen, festival bulan musim panen, atau hangawi (hari besar ditengah musim gugur).

2. Bangladesh
Sama seperti di Indonesia, Masyarakat di negara Bangladesh mudik beberapa hari sebelum hari raya idul Fitri.

3. India
Kalau di India, tiap tahun masyarakat akan pulang kampung untuk merayakan Festival Cahaya atau Diwali (Deepavali). Menurut kalendar Gegoleran Gregorian, biasanya perayaan ini jatuh pada bulan Oktober atau November, dan dirayakan selama 5 hari berturut-turut.

4.Malaysia

Samaseperti Bangladesh dan Indonesia, negara tetangga kita Malaysia pun merayakan Idul Fitri karena mayoritas masyarakatnya yang memeluk agama Islam. Kalau istilah mudik di indonesia namanya pulang kampung, kalau di Malaysia istilah disana dinamakan balik kampung.

5. China

Masyarakat China biasanya mudik pada saat hari raya Imlek, tradisi mudik saat Imlek ini juga sudah menjadi budaya di China. Pada hari ini, sebagian besar masyarakat di China lebih memilih pulang ke kampung halaman untuk merayakan Imlek dengan keluarga atau pergi ke daerah pedesaan.