Karena gol bunuh diri, penjaga gawang ini ditembak

Editor : AS
Timnas  Kolumbia Piala Dunia 1994
Timnas Kolumbia Piala Dunia 1994

Online24, Kolumbia. Pada tahun 1994 silam, saat Piala Dunia berlangsung di Amerika Serikat  adalah nasib tragis bagi kiper Kolumbia Andreas Escobar. Dua pekan setelah gol bunuh diri dari kiper tersebut, 12 selongsong peluru menghujum di tubuhnya hingga tewas. Keterangan kepolisian setempat menyebutkan, setiap saat pelaku mematuk pelatuk pistolnya para pelaku berteriak “gol gol gol”

Nasib tragis Escobar bermula saat ia menjadi penjaga gawang Kolumbia melawan tuan rumah Amerika Serikat, 12 Juli 1994.  Saat itu gelandang Amerika John Harkes memberikan umpan silang kepada rekannya namun Escobar salah melakukan antisipasi. Gol bunuh diri pun tercipta. Selang beberapa saat lamannya, Amerika Serikat kembali mencetak bola ke gawang Escobar pada menciut 52. Sementara Kolumbia hanya mampu mencetak satu gol menjelang pertandingan usai. Skor 2-1 untuk tuan rumah. Yang artinya, Kolumbia tersingkir.

Usai pertandingan tersebut Escobar bertandang ke sebuah kelam malam. Keluar dari kelab malam tersebut puluhan selongsongku peluru menyasar dadanya. Escobar meninggal di tempat. Pelaku menembaknya dalam jarak dekat. 

Media media setempat memberitakan tewasnya Escobar sebab kekecewaan sejumlah pelaku termasuk motif sebab pelaku kalah berjudi. Pelaku yang kemudian diketahui bernama Humberto Munoz Castro bertaruh dalam jumlah besar untuk meloloskan Kolumbia ke fase berikutnya.  Ada pula teori yang menyebutkan bahwa gagalnya Kolumbia melaju diperngaruhi oleh sindikat perjudian dan kartel obat bius.