Periksa gula darah selama berpuasa

Editor : AS

Online24, Jakarta –  Agar menjaga kesehatan tubuh khususnya gula darah di bulan ramadhan, seorang dokter dari RSCM Jakarta menyarankan agar tetap memantau kesehatan dalam hal pemeriksaan bulan darah. Nah agar terbebas dari penyakit tersebut maka dokter ini menyarankan tip memeriksa gula darah selama menjalankan ibadah puasa. Apalagi menurutnya, bagi mereka yang penderita diabetes. 

“Ada titik-titik krusial untuk tahu puasanya berisiko atau tidak,”  kata  spesialis penyakit dalam dari RSCM, dr. Em Yunir, SpPD-KEMD. Ia menyarankan waktu yang pas untuk memeriksa yakni sebelum berbuka puasa dan dua jam setelah berbuka, sebelum tidur, sebelum sahur dan di tengah hari.

Pemeriksaan gula darah ini dilakukan agar menjaga kadar gula dalam batas normal sekaligus mencegah hipoglikemi (kadar gula rendah). 

Ukuran normal kardar gula dalam tubuh yakni sebelum makan antara 70-130 mg/dL. Selanjutnya dua jam setelah makan, kurang dari 180 mg/dL. Setelah tidak makan atau berpuasa selama setidaknya delapan jam kurang dari 100 mg/dL.