Inilah Sosok Yang Pertamakali Cetuskan THR

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Kita sudah memasuki pertengahan ramadhan, selain hari Raya Idul Fitri, Tunjangan Hari Raya (THR) adalah hal yang dinantiakn utamanya oleh para pekerja. THR selalu diberikan kepada pekerja mendejalng akhir ramadhan. tapi tahukah anda siapa orang yang perama kali mempunyai ide memberikan THR kepada para karyawan baik negeri maupun swasta.

Adalah Soekiman Wirjosandjojo, seorang politikus yang berasal dari partai Masyumi menelurkan ide tentang THR pada pada tahun 1952. Dilansir dari Wikipedia, Soekiman adalah Perdana Menteri Indonesia ke-6 yang menjabat pada 27 April 1951 – 3 April 1952.

Awalnya THR hanya diberikan kepada PNS jelang akhir Ramadhan. Tujuannya simpel, menambah kesejahteraan seorang pegawai negeri, walau ada rumors kalau pemberian THR itu karena alasan politis, Soekiman berusaha mengambil hati PNS.

Awalnya nominal tunjangan yang diberikan kepada PNS kala itu adalah sebesar Rp 125 sampai dengan Rp 200.

Pemberikan THR kepada PNS tersebut membuat buruh di kalangan swasta menjadi iri. Hingga akhirnya mereka bergerak menuntut hal yang sama dengan kalangan pegawai negeri. Hingga lama kelamaan sepertinya protes tersebut berbuah manis karena dalam prakteknya saat ini seluruh pekerja di Indonesia sudah mendapat bagian tunjangannya setiap menjelang hari raya.