Makin Dekat Pencoblosan 27 Juni, NH-Aziz Tinggalkan Rivalnya

Editor : M N Ubay
Infografis Hasil Survey CSIS Pilgub Sulsel 2018 (Online24/Akhmad Riansyah)
Infografis Hasil Survey CSIS Pilgub Sulsel 2018 (Online24/Akhmad Riansyah)

Online24, Makassar – Masa pencontrengan calon Gubernur Sulawesi Selatan 2018 tinggal menghitung hari. Pasca deklarasi empat pasang cagub-cawagub langsung tancap gas sosialisasi ke masyarakat. Namun dari empat pasangan kandidat tersebut, paket NH-Aziz meraih hasil yang sangat signifikan dan diterima oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari sejumlah hasil survei yang menempatkan NH-Aziz unggul telak dibanding pasangan lainnya.

Mari kita lihat proses perjalanan NH-Aziz menuju puncak.
Usai pengumuman dari KPU Sulawesi-Selatan 18 Februari 2018 lalu, sebuah lembaga survey dari Jakarta langsung tancap gas melakukan survei di pilgub sulsel. Indo Survey & Strategy melakukan survey pada rentang waktu 19 – 24 Februari 2018. Hasil survei ini terlihat pasangan NH-Aziz trend nya mengalami peningkatan dan mengekor pada urutan kedua. Seperti pada pertanyaan spontan, posisi elektabilitas cagub yang paling dominan ada 3 nama yaitu Nurdin Abdullah dengan 12,6%, Nurdin Halid 10,8%, lchsan Yasin Limpo 10,5%. Agus Arifin Numang 3,5%. Selain itu, tim survei ini juga bertanya, siapa calon gubernur dan calon wakil gubernur yang paling pantas didukung. NH berada pada urutan kedua, membuntuti IYL dan ketiga adalah NA.

Sebelumnya ada pula beberapa lembaga survei yang menempatkan NH-Aziz pada urutan kedua membuntuti pasangan lainnya. Seperti Sinergi Data Indonesia (SDI) pada bulan Maret 2018 di mana hasilnya IYL-Cakka 27, 50 % menyusul NH-Aziz 24, 80 persen dibuntuti NA-ASS dan Agus-TBL. Selain itu, Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia di mana NA-ASS 27 persen menyusul NH-Aziz 22 persen dan berturut-turut IYL-Cakka lalu Agus-TBL. Pun Script Survei Indonesia dan beberapa lembaga survey lainnya. NH-Aziz terus melaju meskipun pada urutan kedua.

“Namun dari semua peluang, pasangan Nurdin Halid-Abd Aziz Qahhar Mudzakkar memiliki peluang besar,” kata Direktur Strategi Indo Survey & Strategy Karyono Jakarta, Minggu(4/3/2018).

Senada dengan Karyono, Direktur SDI, Barkah Pattimahu menyimpulkan bahwa pasangan NH-Aziz mengalami kenaikan elektabilitas yang signifikan.”Pasangan yang berpeluang besar menang di Pilgub Sulsel adalah Nurdin-Azis. Elektabilitas mereka mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan tiga pasangan lain,” ungkap Barkah di Jakarta 11 Mei 2018.

Sepanjang Maret hingga Mei 2018, NH-Aziz terlihat semakin menggencarkan sosialisasi ke tengah tengah masyarakat. Seluruh perangkat baik tim maupun partai digerakkan oleh NH untuk mendongkrak elektabilitasnya. Termasuk sosialisasi program Membangun Kampung dan Sulsel Baru yang ia sodorkan pada masyarakat Sulsel.

Dan hasilnya cukup menggembirakan bagi pasangan NH-Aziz. Sebab sebuah lembaga survei independen dan termasuk lembaga peneliti tertua di Indonesia merilis hasil Survei pasangan Pilgub di Sulsel pada awal Mei 2018. Adalah Centre For Strategic and Internatinal Studies (CSIS) mengumumkan bahwa pasangan NH-Aziz telah meninggalkan rival rivalnya, lebih dari 10 persen. CSIS yang juga anggota Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia merilis, elektabilitas tertinggi diraih pasangan Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar 30,6 peden, Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman 21, 2 persen, Ichsan YL- Muzakkar 20, 7 persen dan Agus – Tanri Bali 9,9 persen.

Menanggapi hasil survei itu, mantan ketua PSSI tersebut langsung mengirim pesan kepada seluruh relawan dan timnya.

“Dari hari ke hari kita tambah solid, dukungan masyarakat terus mengalir, dan program-program kita pro-rakyat, dan memang itulah kebutuhan masyarakat. NH-Aziz juga satu-satunya Paslon yang berani membuat kontrak politik untuk bebas dari bentuk KKN jika memimpin Sulsel nantinya” bunyi pesan berantai yang NH kirim kepada seluruh kerabat serta relawannya.