Ini Sosok Asli Minke dalam Novel ‘Bumi Manusia’

Editor : Asri Muhammad
Pemeran Film Bumi Manusia (foto : Instagram @official.bumimanusia)
Pemeran Film Bumi Manusia (foto : Instagram @official.bumimanusia)

Online24, Makassar – Novel terkenal Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia, akan segera difilmkan oleh Hanung Bramantyo. Tokoh yang terkenal dalam novel tersebut adalah sosok Minke. Namun, tahukah anda siapa sosok sebenarnya sosok tersebut.

Adik kandung Pram, Soesilo Toer, mengungkapkan sosok Minke yang menjadi karakter dari novel legendaris tersebut.

Seperti dilansir Detikcom, Soesilo mengatakan jika sosok Minke merupakan nama samaran dari karakter asli yang bernama Tirto Adhi Soerjo, yang dikenal sebagai bapak pers Indonesia.

Soesilo menjelaskan jika julukan Minke sendiri merupakan hinaan yang dilontarkan oleh bangsa Belanda, yang saat itu menjajah.

“Minke sendiri itu apa itu, itu kan nama samaran. Minke itu dari kata apa, monkey. Jadi waktu itu, kayak apa Belanda melakukan penghinaan sama orang Indonesia. Penghinaan, seorang tokoh kayak Tirto kok disebut monkey itu, monyet, bagaimana itu,” ujarnya dikutip dari Detikcom.

Sementara terkait sosok Iqbal Ramadhan yang akan memerankan tokoh Minke, Soesilo mengatakan jika pemilihan tersebut kurang tepat. Dirinya menilai, Iqbal tidak dapat menggambarkan sosok Minke.

“Itu yang memerankan Minke, itu siapa itu Ramadhan ya. Itu kan katanya terlalu muda, suaranya cempreng, atau apalah, tidak sesuai dengan wataknya Tirto,” ucapnyanya.

“Makanya dulu semasa hidup Pram belum setuju ketika novelnya itu hendak diangkat jadi sebuah film. Si Pram tidak bisa membayangkan, sosok Annelies itu secantik apa. Tadinya kan Happy Salma, padahal kan dia arab, sedangkan ini kan Indon Belanda-Indonesia,” lanjutnya.

Ia pun menyebut, semasa hidup Pramoedya pernah diberikan penawaran oleh Amerika untuk mengangkat novel tersebut guna film. Namun ditolak dengan harapan agar novel tersebut dapat dibuat oleh warga Indonesia sendiri.