Perjalanan 2 bulan Timnas Indonesia berangkat ke Piala Dunia 1938

Editor : AS
Timnas Indonesia 1938 vs Hongaria. (Foto bola.com)
Timnas Indonesia 1938 vs Hongaria. (Foto bola.com)

Online,24 Swiss -Pada tangga 25 Januari 2018 lalu, secara mengejutkan FIFA merilis di situs resminya dalam sebuah artikel tentang Indonesia yang pertamakali mengikuti Piala Dunia 1938. Indonesia adalah negara Asia pertama yang mengikuti turnamen terbesar di dunia ini.

Perjalanan timnas Piala Dunia  Indonesia (Hindia Belanda) dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Prancis membutuhkan waktu selama dua bulan.  Timnas Indonesia yang terdiri dari Kiper Bing Mo Heng, Herman Zommers, Franz Meeng, Isaac Pattiwael, Frans Pede Hukom, Hans Taihattu, Pan Hong Tjien, Jack Sammuels, Suwarte Soedermandji, Anwar Sutan, dan kapten tim Achmad Nawir berangkat dari Pelabuhan Tanjung Prio 27 April 1938. Sebelum tiba di Prancis awal Juni 1938, Timnas Indonesia transit di Genoa Italia. BBC mencatat perjalanan Timnas Indonesia dari Indonesia menuju Italia membutuhkan waktu sebulan lamanya.  Perhelatan Piala Dunia 38 berlangsung  4 sampai 19 Juni. 

FIFA saat itu menggunakan sistem gugur sehingga Timnas Indonesia yang baru pertamakali bermain langsung gugur sebab dikandaskan oleh Timnas Hongaria 6-0.  Setelah itu Indonesia menuju ke Amsterdam lalu tiga minggu perjalanan Timnas Indonesia kembali tiba di tanah air. Piala Dunia 1938 dimenangkan oleh Timnas Italia setelah mengalahkan Hongaria di final. Ini kali kedua Italia sebagai champion Piala Dunia.