Beraksi 20 Kali, Dua Begal Berstatus Pelajar Ditangkap Polisi

Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar – Dua orang begal yang masih berstatus sebagai pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Makassar ditangkap polisi. Mereka berinisial MHN (17) dan MH (17).

Tak tanggung-tanggung kedua pelaku yang masih di bawah umur ini tercatat telah 20 kali melakukan aksi begal di beberapa lokasi di Kota Makassar. Terakhir mereka melakukan begal di wilayah hukum Polsek Tamalate Makassar.

“Anggota berhasil melakukan penangkapan secara persuasif pada Sabtu dini hari sekira pukul 01:00 Wita setelah melakukan penyelidikan di lapangan,” ucap Kepala Unit Resmob Polda Sulsel, AKP Edy Sabhara, Minggu (3/6/2018).

Keduanya tertangkap setelah aparat kepolisian dari Resmob Polda Sulsel menerima laporan warga tentang keberadaan para pelaku. Sehingga bergerak cepat ke Jalan Mannuruki, Kota Makassar, Sulawesi Selatan untuk melakukan penangkapan.

Usai ditangkap, keduanya langsung digeladang ke Posko Resmob Polda Sulawesi Selatan untuk dilakukan pemeriksaan. Kepada polisi, mereka mengaku telah beraksi di 20 Tempat Kejadian Perkara (TKP) sejak tahun 2017.

“Dari pengakuannya, mereka telah 20 kali melakukan tindak pidana pencurian dan kekerasaan sejak tahun 2017 lalu,” ungkap Edy.

Menurut dia, keterangan kedua pelaku ini masih terus dikembangkan. Sebab, saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap salah satu rekan pelaku dengan inisial CL yang masih berstatus buron.

Saat ini, kedua pelaku telah diamankan di Mapolsek Tamalate guna menjalani proses hukum lebih lanjut. Sementara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya mereka dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dan kekerasaan dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.