Marquez Beberkan Penyebab Dirinya Terjatuh di Mugello

Editor : Aris Munandar
Marcc Marquez sesaat sebelum terlempar di tikungan 10 Sirkuit Mugello. (foto: MotoGP)
Marcc Marquez sesaat sebelum terlempar di tikungan 10 Sirkuit Mugello. (foto: MotoGP)

Online24, Makassar – Drama jatuhnya Marc Marquez mewarnai balapan di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (3/6/2018). Meski berhasil bangkit, Marquez harus puas finis di luar 15 besar.

Pebalap Repsol Honda itu terlempar ke gravel ketika melibas tikungan ke-10 di lap kelima. Menurut Marquez dilansir situs resmi MotoGP, kecelakaan itu terjadi karena masalah ban.

“Ya hari ini kami tahu sebelum balapan bahwa itu akan sulit bagi kami karena kami banyak berjuang dengan ban depan di sore hari. Di pagi hari seperti yang Anda lihat hari ini saya sangat cepat, seperti kemarin, tapi waktu balapan adalah pada sore hari,” jelas Marquez, yang memilih pilihan ban depan dan belakang jenis hard.

Faktor perbedaan suhu di pagi dan sore hari kata Marquez adalah penyebabnya. Pasalnya, sebelum race, balapan selalu digelar pagi hari.

“Pemilihan ban yang memang sulit, dan sampai akhirnya saya kesulitan ketika mengatur kecepatan dengan kondisi ban seperti ini,” ujar dia.

Meski begitu, dia tetap percaya diri untuk bisa mempertahankan gelar juara dunia pada musim ini. Dia tetap berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 95 poin atau terpaut 23 poin dengan Valentino Rossi yang ada di urutan kedua.

“Salah satu hal baik hari ini adalah Lorenzo menang, ia mengambil poin dari Dovizioso dan Valentino, dan ya sepertinya semua pesaing gelar kehilangan beberapa poin dan tidak ada yang ingin membuka celah besar,” tandasnya.