Lahir Tanpa Vagina, Perempuan Ini Dibuatkan Vagina Dari Kulit Ikan

Editor : M N Ubay
foto/internet
foto/internet

Online24, Brasil – Seorang perempuan asal Brasil, Jucilene Marinho(23) mengalami kondisi fisik yang langka. Meski berjenis kelamin perempuan, namun ia tidak memiliki Vagina. Ia mengetahui hal tersebut pada saat berusia 25 tahun, padahal ia mengaku mengalami pubertas yang normal dan juga mengalami nyeri haid.

Kondisi Marinho ini disebut Mayer-Rokitansky-Küster-Hauser (MRKH). Kondisi tersebut membuatnya tidak punya leher rahim, rahim, atau indung telur. Artinya, Marinho tidak akan pernah memiliki anak.

Delapan tahun kemudian, dia kahirnya mempunyai kesempatan untuk membuat vagina. Uniknya, vagina tersebut terbuat dari kulit ikan. Tentu kulit ikan yang digunakan tak sembarangan, yakni ikan tilapia.

Sebelum digunakan, kulit ikan tersebut dibersihkan dan disterilisasi dilaboratorium. Selanjutnya, para peneliti menggunakan penyinaran untuk membunuh virus di kulit ikan tersebut.

Kulit ikan itu nantinya bertindak seperti sel induk dan diserap ke dalam tubuhnya yang melapisi saluran vagina.

Prosedur ini dipimpin oleh Dr Leonardo Bezerra dari Federal University of Ceara (UFC), Brasil pada April 2017 lalu.

Dilansir kompas.com dari laman Mirror, di bawah prosedur ini, Marinho mengabiskan waktu berminggu-minggu di tempat tidur tanpa bergerak. Ini membuatnya harus belajar berjalan kembali. ia juga sempat mengalami pendarahan internal.

“Keluarga dan teman-teman saya, yang selalu ada untuk saya, membawa saya keluar untuk merayakan vagina baru saya. Dan rasanya sangat baik untuk memiliki sesuatu yang mayoritas wanita anggap biasa,” katanya.