Pemain PSM Abdur Rahman selamatkan nyawa pemain Persipura Hilton Moriera?

Editor : AS
Pemain PSM Abdul Rahman dan Rivky memberikan pertolongan terhadap Moriera (foto:Indosport)
Pemain PSM Abdul Rahman dan Rivky memberikan pertolongan terhadap Moriera (foto:Indosport)

Online,24 Jayapura – Dua pemain PSM Makassar yakni Abdul Rahman dan Rivky  Mokodompit penjaga gawang menjadi viral di grup sosial media sebab dianggap sebagai penyelamat terhadap pemain Persipura Hilton Moriera saat terjadi insiden di depan gawang PSM Makassar. Sebelum tim medis tiba dua pemain PSM tersebut sempat melakukan pertolongan pertama terhadap Hilton Moriera. Aqount IG pengamat sepak bola mensinyalir, insiden depan gawang PSM tersebut menyebabkan Moriera terkena penyakit seperti yang dialami oleh penjaga gawang  Persela Choirul Huda, yang menyebabkan ia meninggal dunia. Abdul Rahman terlihat memasukan tangannya ke dalam mulut Moriera karena lidah nya terlipat masuk ke dalam rongga mulutnya. 

Insiden ini terjadi pada menit ke 38 saat terjadi benturan   antara Hilton Moriera dengan penjaga gawang PSM Rivky Mokodompit. Saat itu tangan Rivky sempat keluar untuk menghalau bola hasil tendangan bebas Ian Kabes. Begitu terjatuh Moriera mengerang dan langsung jatuh kesakitan. Sekitar enam menit pertandingan jeda. Seluruh mata penonton nampak cemas dan khawatir sebab Moriera terlihat tak sadarkan diri. Para pemain Persipura terlihat tegang termasuk Boaz Salossa. Apalagi saat melihat penjaga gawang PSM panik  memanggil tim medis dari pinggir lapangan. 

Namun sebelum tim medis tiba di tengah lapanga, dua pemain ini terlihat serius membantu pertolongan pertama terhadap Moriera yang sudah lemas. Dalam tayangan televisi terlihat Abdul Rahman memasukan jari nya ke dalam mulut Moriera. Sementara Rivkymencoba membantu membuka mulut Moriera yang sudah sulit untuk menganga. “Di situ papah juga melihat ada langkah cepat dari Abdul Rahman yang langsung memasukan jarinya ke mulut Hilton. respect buat Abdul Rahman” tulis Official_papahjokedry di akun instagram pengamat sepak bola.  Selain itu sejumlah suporter yang memberikan komentar di akun tersebut mengaku respon dan kagum pada Rahman, Rivky dan tim media PSM yang juga ikut masuk membantu menyelamatkan nyawa Moriera. “Keren. Sigap dan tanggap semua elemen. Gak kayak pas alm Choirul Huda. Semoga ke depannya segala elemen gak meremehkan hal semacam ini” tulis Jazuliahmad212.  Ada pula yang menulis “jangan lupa orang ini [email protected] Dia yang memberi pertolongan pertama, 1 nyawa 1 point” kutip kakaidsuka.  Termasuk pula akun atas nama Ikhsan_308, “Untung sudah ditangani secara cepat dan tepat. Belajar dari kejadian Huda. Resspect lah buat pemain dan tim medis”. Ratusan komentar atas sikap Abdur Rahman terhadap upaya pertolongannya mendapat apresiasi. “Seandainya mereka gak masukin tangannya ke mulut Hilton, lain lagi ceritanya . Lidah tertelan” tulis mhdiqram. 

Insiden lidah terlipat seperti ini pernah pula dialami oleh pemain Spanyol Fernando Torres. Beruntung para pemain yang telah panik sempat memberikan pertolongan pada eks pemain AC Milan dan Chelsea tersebut dengan cara memasukan jarinya ke mulut Torres. Dan tak lama kemudian Torres dapat bermain kembali. Pula nyaris sama yang dialami oleh penjaga gawang Persela Choirul Huda. Huda meninggal dunia di rumah sakit sebab saat terjadi benturan antara dirinya dengan Ramon Rodriguez dalam Liga 1 2017 lalu, Huda tak sempat mendapat pertolongan pertama. Huda sempat bergerak beberapa saat namun tak sadarkan diri lagi.  Dalam dunia media benturan ini menyebabkan Hypoxia di mana terjadi trauma di bagian alat tubuh seperti dada, kepala dan leher. 

Laga Persipura vs PSM yang dihelat di stadion Mandala berakhir 1-1 yang berlangsung Senin 4 Juni 2018.