Rahman lakukan penyelamatan nyawa di lapangan sekelas pemain dunia

Editor : Andhika BD
Pemain PSM Abdul Rahman dan Rivky memberikan pertolongan terhadap Moriera (foto:Indosport)

Online24, Makassar –  Apa yang dilakukan oleh pemain PSM Abdul Rahman terhadap pemain penyerang Persipura Hilton Moriera adalah upaya menyelamatkan nyawa sekelas pemain asing kelas dunia. Sebab hal itu jarang terjadi bagi pemain lain meskipun sekelas Asia. Salah satu contoh saat Penjaga gawang Persela Choirul Huda, terjatuh di lapangan namun tak ada pemain yang paham untuk melakukan pertolongan pertama. Akhirnya, nyawa Huda tak dapat tertolong lagi. Ia meninggal di rumah sakit Minggu 15 Oktober 2017. 

Pemain belakang PSM asal Sidrap Abdur Rahman mendapat apresiasi dari pecinta bola tanah air atas kesigapannya memberikan pertolongan pertama terhadap Hilton Moriera sesaat setelah pemain Persipura tersebut terjatuh tepat di depan gawang yang dikawal oleh Rivky Mokodompit. Moriera terlihat tak sadarkan diri dan ada yang menyebut lidahnya terlipat ke dalam sehingga mulut kesulitan terbuka dan dapat menyebabkan pingsan.  Insiden ini terjadi pada menit ke 38 saat terjadi benturan  antara Hilton Moriera dengan penjaga gawang PSM Rivky Mokodompit. Saat itu tangan Rivky sempat keluar untuk menghalau bola hasil tendangan bebas Ian Kabes. Rahman nampak terlihat berusaha memberikan pertolongan mencegah agar lidah Moriera tidak tertelan. Selang enam menit kemudian, setelah ditangani tim medis, Moriera sehat dan dapat bermain kembali. Ia bahkan memberi assist atas terciptanya gol pertama Persipura.

Halnya sama dengan yang pernah dilakukan oleh pemain Atletico Madrid, Sime Vrsaljko dan Gabi terhadap Fernando Torres. Pada pertandingan  La Liga antara Deportivo La Coruna dan Atletico Madrid terjadi benturan di dalam  kotak penalti antara Torres dengan Alex Bertagtinos. Akibat insiden itu Torres tak sadarkan dari. Untung kedua rekannya memberikan pertolongan pertama dengan cara membuka mulut Torres dan memaksanya untuk bernafas. Insiden nyaris nya tewas Torres di Estadio Municipal de Riazor, Jumat 3 Maret 2017.  

Kejadian lainnya pasca tahun 2014 saat lanjutan Liga Ukraina antara Dinamo Kyieb melawan Dnipro. Kapten Dinamo Oleg Gusev terjatuh setelah berbenturan dengan kiper Dnipro, Denis Boyke.  Gusev jatuh dan tak sadarkan diri. Ia mengalami kesulitan bernafas karena lidah tertelan. Beruntung pemain lawan, Jaba Kankava memasukan jarinya ke tenggorokan Gusev sehingga suplai oksigen kembali lancar.  Gusev pun selamat dan seluruh pemain Dinamom berterima kasih pada Jaba.  Selain itu, John Terrey juga pernah mengalami hal yang sama pada tahun 2007. Namun John selamat berkat penanganan tim medis. 

Kondisi lidah tertelan atau Tongue swallowing  sangat berbahaya karena bisa menyebabkan tersumbatnya kerongkongan sehingga menghambat aliran oksigen yang masuk.  Pertolongan pertama yang dilakukan oleh pemain PSM Abdur Rahman dan Rivky sebelum tim medis tiba merupakan upaya berkelas yang dilakukan oleh keduanya.