Cara Aman Menggunakan Toilet Umum

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Terkadang ketika Anda berada di tempat umum seperti Mall atau hotel, Anda sering ingin gunakan toilet. Namun ragu apakah toilet tersebut bersih atau nyaman digunakan?

Nah, tidak ada salahnya untuk tetap melindungi diri Anda dari paparan kuman di toilet. Caranya adalah dengan membersihkan dudukan toilet dengan tisu terlebih dahulu sebelum digunakan.

Setelah selesai buang air kecil atau besar, bersihkan dan lap bagian kelamin hingga kering untuk mencegah kuman tertinggal di bagian kemaluan Anda. Jangan lupa untuk membilas (flush) toilet untuk membilas kuman-kuman yang masih tersisa di toilet.

Sistem kekebalan tubuh Anda sendiri adalah pertahanan utama melawan penyakit menular di toilet umum. Yang terpenting adalah Anda wajib cuci tangan sehabis dari toilet.

Cuci tangan bukanlah sekadar cuci, gosok, bilas, dan keringan begitu saja. Lakukan teknik cuci tangan dengan baik dan benar selama 20 sampai 30 detik pada seluruh bagian telapak tangan dan jari, termasuk di bawah kuku jari. Berikan gosokan lembut pada sela-sela jari Anda untuk melonggarkan dan melepaskan kuman yang bersarang di tangan. Setelah itu, bilas hingga bersih dan keringkan dengan tisu atau mesin pengering tangan.

Tak cuma sampai di situ, gunakan tisu kering saat menutup kran air dan menyentuh gagang pintu toilet saat hendak keluar dari toilet. Hal ini berguna untuk mencegah tangan Anda membawa kuman saat kembali beraktivitas.