Curi Uang Rp130 Juta Milik Mertua Sendiri, Pria Ini Diringkus Polisi

Reporter :
Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Entah apa dipikiran H. Abdillah (31), pria asal kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Dia tega membobol rumah dan menggasak sejumlah uang tunai milik mertuanya sendiri, H. Syukur.

Abdillah ditangkap oleh tim gabungan dari Resmob Polda Sulawesi Selatan dan Resmob Polres Pinrang setelah dilakukan penyelidikan selama dua hari. Dia tertangkap tanpa perlawanan di Hotel Edotel, Jalan Landak Baru, Kota Makassar, Rabu (6/6/2018) dini hari tadi.

“Pelaku ini telah melakukan pencurian dengan pemberatan pada hari Senin lalu di rumah mertuanya sendiri. Akibat ulahnya mertuanya mengalami kerugian sebesar Rp.130 juta,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan, Komisaris Besar Polisi Dicky Sondani di Makassar.

Dicky menyebutkan pelaku membobol rumah ketika mertuanya sedang melaksanakan ibadah salat tarwih di masjid. Memanfaatkan situasi itu pelaku masuk kedalam kamar untuk mengambil sejumlah uang tunai yang disimpan di dalam lemari.

“Korban menyimpan uang tunai sebanyak Rp.130 juta di dalam lemari yang ada di dalam kamar. Setelah pulang dari masjid dia melihat lemari tempat penyimpanan uang tersebut sudah terbuka dan rusak,” kata dia.

Kepada polisi, dia mengakui perbuatannya yang telah melakukan pembobolan rumah dan mencuri uang milik mertuanya. Namun terkait motif pelaku, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih dalam.

Selain mengamankan pelaku, polisi pun menyita sejumlah barang bukti berupa uang tunai sebanyak Rp.120 ribu dan tiga unit telepon seluler.

Sementara dalam kasus ini, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan (Curat) dengan ancaman hukuman penjara selama tujuh tahun penjara.