Ngabuburit di Mega Plaza, Pjs Walikota Palopo Berbagi Kiat Inspiratif Pemerintahan

Editor : Andhika BD

Online24, Palopo – Penjabat Sememtara (Pjs) Walikota Palopo, Andi Arwien Azis, berbagi cerita penuh inspirasi di 22 Ramadhan 1439 H dalam Talkshow Inspiratif yang digelar Social Barn Cafe (SBC) and Eat Mega Plaza Palopo, Rabu (6/6/2018) sore.

Sesion 45 menit diskusi yang merupakan dari program ‘Ma’guru ri Mega Plaza’. Dihadapan audiens, Andi Arwien memandang terciptanya tata kelolah pemerintahan yang baik dan bersih mutlak diperlukan Indonesia ini untuk mencegah dan meminimalisir buruknya keadaan berbagai lini pemerintahan daerah ini yang terus menjadi masalah dan penghambat keadilan, kesejahteraan, dan kemakmuran rakyat.

” Pengelolahan pemerintahan yang baik tergantun Apa, siapa dan bagaimana pemimpinnya, ” kata Andi Arwien

Alumni STPN tahun 1997 ini mengatakan, agar tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih bisa tercipta , maka diperlukan penopangan dari dua unsur penting yang saling terkait, yaitu negara dan masyarakat madani yang di dalamnya terdapat sektor swasta. Negara dan birokrasi pemerintahannya yang selama ini cendrung melayani publik dengan birokrasi elitis (dilayani) harus bisa merubah dengan birokrasi populis (melayani). Dengan kata lain, negara dan birokrasinya harus menjemput bola tidak menunggu bola dalam pelayanan publiknya.

Pada saat yang sama, sebagai komponen di luar birokrasi, masyarakat dengan sektor swastanya bertanggung jawab dalam proses pengelolaan sumber daya alam dan perumusan kebijakan publik dengan menjadikan masyarakat sebagai mitra strategis. Contoh kecilnya semisal mewujudkan program-program pengembangan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup.

” Hakekatnya pemerintah harus selalu mengikut sertakan rakyat dalam pengambilan keputusan, baik langsung maupun melalui lembaga perwakilan dan penegakan hukum harus berwibawa yang disertai aturan hukum dan penegakannya secara konsekwen dan konsisten, sehingga tidak terjadi tindakan publik yang anarkis dan tidak bisa dibeli, ” jelasnya.

Diakhir Sesi , Andi Arwien yang juga Kadis BPKAD Sulsel tersebut selalu pentingnya mengawal pilkada palopo berjalan dengan aman dan baik sehingga terlaksana dengan sukses.