Bukan Timnas Argentina, Indonesia-lah yang pertamakali menolak Timnas PSSI melawan Israel

Editor : AS
Saat Sukarno melihat maket GOR dan HUT PSSI (foto: internet)
Saat Sukarno melihat maket GOR dan HUT PSSI (foto: internet)

Online24, Jakarta – Bukan hanya Timnas Argentina yang membatalkan rencana uji coba melawan Timnas sepak bola Israel. Indonesia pada zaman Sukarno, adalah negara pertama yang menolak Timnas nya bertanding melawan Israel. Meskipun penolakan itu, Sukarno merelakan tiket ke Piala Dunia karena solidaritas atas Palestina. 

“Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel”  tegas Sukarno seperti yang dikutip melalui indosport. 

Padahal saat itu, Timnas Indonesia sedang mengikuti kualifikasi Piala Dunia 1954, dimana Timnas harus berhadapan Timnas Israel di babak kualifikasi. Peluang lolos bagi Timnas pasca kemerdekaan sebab sebelumnya Indonesia melewati sejumlah negara dan mengalahkannya. Dan tinggal menghadapi Israel untuk melangkah ke Piala Dunia di mana Swedia adalah tuan rumah. 

Timnas Argentina membatalkan pertandingan melawan Israel sebab banyak gelombang protes. Apalagi pertandingan tersebut akan berlangsung di Yuressalem. Akibat protes itu, Messi dkk membatalkan pertandingan tersebut menjelang Piala Dunia 2018.