Terbukti Lalai, Tiga Mahasiswa Kedokteran UMI Divonis 1 Tahun Penjara

Editor : M N Ubay
Sidang tuntutan kasus kematian Rezky
Sidang tuntutan kasus kematian Rezky

Online24, Makassar – Tiga terdakwa kasus kematian mahasiswa kedokteran UMI, Rezky Evienia Syamsul, akhirnya menjalani sidang vonis Hari ini, Kamis(7/6/2018).

Dalam putusan yang dibacakan oleh ketua majelis hakim, Kemal Tampubolon, di pengadilan negeri Makassar, ketiga terdakwa yakni Herialdi Jafar, Sesaria Nur Fatimah, dan Wahyuni Rachman, dihukum satu tahun penjara. Vonis hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut ketiga terdakwa dengan hukuman 16 bulan penjara.

“Ketiga terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana karena telah melakukan kelalaian yang menyebabkan kematian. Menjatuhkan pidana penjara selama satu tahun,”ucap Kemal dalam persidangan.

Meski begitu, Hakim mengatakan ketiganya tidak wajib menjalani hukuman penjara karena ketiga terdakwa masih menempuh pendidikan. Menurut Kemal, Ketiga terdakwa sangat kooperatif dan juga selalu berlaku sopan saat menjalani persidangan.

Ketiganya mendapat hukuman masa percobaan selama 2 tahun. Jika dalam kurun waktu 2 tahun ketiga terdakwa melakukan pelanggaran hukum, maka hukuman pengajar satu tahun wajib dijalani.

Kasus ini sendiri telah bergulir sejak tahun 2016. Rezky Eviena Syamsul, meninggal pada Selasa (7/6/2016) saat mengikuti kegiatan Study Club (SC) Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran UMI.

Ia diduga dianiaya oleh ketiga terdakwa yang merupakan panitia kegiatan tersebut.