RSUD Andi Makkasau Imbau Waspada Penyakit DBD

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, mengantisipasi rujukan dari Puskesmas terhadap kemungkinan timbulnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) selama menghadapi musim pancaroba. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Infokom RSUD Andi Makkasau, Hj Mukaramah, Kamis, (07/06/2018).

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada akan nyamuk yang membawa virus DBD, apalagi di musim pancaroba,” katanya.

Menurut Mukarramah, secara umum gejala DBD biasanya diawali dengan demam usai digigit nyamuk yang terinfeksi.

“Setelah digit nyamuk, biasanya muncul bintik merah di bagian tubuh, tiga hingga empat hari setelah demam,” ujarnya.

Sementara, Hasil RSUD Andi Makkasau, Faridah menyampaikan, Penyakit DBD menyerang tanpa mengenal batas usia. Penyakit ini rawan di musim penghujan, karena itu masyarakat mesti mengantisipasi mulai dini.

“Ada beberapa pencegahan yang mesti dilakukan, seperti membersihkan bak mandi seminggu sekali, memperhatikan perabotan rumah tangga yang menampung air, jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama, gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu,” jelasnya.

Jika masyarakat lanjut dia, memiliki gejala penyakit DBD, maka segera melakukan konsultasi dan periksa ke dokter, baik di Puskesmas maupun di rumah sakit.

“Kita sarankan selalu berkoordinasi dengan dokter, utamanya jika muncul gejala,” katanya.