H-8 Lebaran, Terminal Regional Daya Mulai Dipadati Pemudik

Reporter :
Editor : M N Ubay
Rizal, Direktur Operasional PD Terminal Makassar Metro
Rizal, Direktur Operasional PD Terminal Makassar Metro

Online24, Makassar– H-8 menjelang hari raya lebaran, Terminal Regional Daya mulai dipadati pemudik. Setiap hari jumlah pemudik semakin meningkat dibandingkan hari sebelumnya.

Hal itu diungkapkan Rizal selaku Direktur Operasional PD Terminal Makassar Metro. Dia mengakatakan para pemudik mayoritas dengan tujuan Luwu Raya, Toraja, Mamuju, serta daerah lainnya.

“Memang ada kenaikan jumlah penumpang dibanding hari biasanya. Tetapi kenaikan ini belum signifikan,” katanya saat ditemui di Terminal Regional Daya, Kamis (7/6/2018) malam.

Kendati demikian, Rizal memprediksi bahwa puncak arus mudik di terminal tipe A tersebut akan terjadi pada H-5 sampai H-3 lebaran. “Diprediksikan puncak arus mudik pada H-5 lebaran,” tambahnya.

Selain itu, Rizal menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan pembenahan sejumlah fasilitas umum yang ada di terminal. Bahkan, PD Terminal Makassar Metro pun telah bekerja sama dengan PO Bus untuk mengantisipasi adanya calo tiket demi kenyamanan para pemudik.

“Pembenahan fasilitas juga telah dilakukan seperti kebersihan MCK, ketersediaan air bersih, persiapan parkir bus yang memadai, terus kita sediakan troly-troly untuk mengankut barang bawaan,” sebutnya.

Tak sampai disitu, guna menghadapi arus mudik lebaran, pihak PD Terminal Makassar Metro bersama instansi terkait akan melakukan tes kesehatan kepada supir. Pemeriksaan tersebut untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat mengangkut pemudik.

“Para supir akan diperiksa kesehatannya guna memastikan kondisi supir dalam keadaan fit sebelum membawa mobil agar para pemudik selamat sampai tujuan,” tukasnya.