Rumah Kepala Desa Disatroni Maling, Uang Ratusan Juta Hilang Digasak

Reporter :
Editor : M N Ubay

Online24, Makassar– Rumah milik kepala desa bernama Tamsir (47) di Jalan Maccini Raya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan disatroni maling. Akibatnya, Tamsir mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Peristiwa itu terjadi pada hari Kamis (7/6/2018) kemarin. Pelaku pun berhasil membawa kabur satu unit laptop, satu unit telepon seluler serta uang tunai sebesar Rp153 juta.

Beruntung dalam kurun waktu kurang dari 24 jam aparat kepolisian dari Polsek Panakkukang berhasil mengungkap komplotan garong yang melakukan pencurian di rumah kepala desa tersebut. Dua orang pelaku diringkus anggota Resmob.

“Anggota Resmob berhasil menangkap dua pelaku yakni Agung dan Aswar. Mereka ditangkap di rumahnya masing-masing dini hari tadi,” kata Kapolsek Panakkukang, Kompol Ananda Fauzi Harahap, Jumat (8/6/2018).

Penangkapan komplotan garong ini bermula ketika anggota Resmob bersama piket Reserse Kriminal melakukan penyelidikan pull baket di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dari hasil olah TKP polisi berhasil mengantongi identitas pelaku.

“Keduanya diamankan bersama barang bukti uang tunai sebesar Rp 20 juta yang disimpan di atas plafon rumahnya,” ucap Ananda.

Menurut Ananda, pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap dua orang yang tergabung dalam komplotan tersebut. Sebab, aktor utama dalam kasus pencurian ini masih dalam pengejaran petugas.

“Aswar dan Agung ini hanya menjaga lawan dari luar rumah. SedangkanĀ  S dan E yang masuk ke dalam rumah mengambil uang masih DPO. Sebagaian barang buktinya pun ada di meraka,” sebutnya.

Kini keduanya telah diamankan di Mapolsek Panakkukang guna menjalani proses hukum lebih lanjut. Sementara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya mereka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.