Grab Janji Batasi Akses Usai 5 Petugas Call Center Curi Insentif Pengemudi Rp1 Miliar

Editor : Aris Munandar
Grabcar (foto: istimewa)
Grabcar (foto: istimewa)

Online24, Makassar – Pengelola aplikasi transportasi daring Grab angkat bicara terkait penangkapan 5 petugas call center Grab karena mencuri dana insentif untuk pengemudi Grabcar sebesar Rp1 Miliar.

Juru Bicara Grab, Kartika Honggono di Jakarta mengatakan jika pihaknya sebenarnya telah mengidentifikasi sejak awal bahwa telah terjadi sejumlah pelanggaran terkait 3.077 transaksi mencurigakan.

“Grab menemukan bahwa terdapat 5 agen pelayanan konsumen yang menjadi pelaku pencurian dana sebesar Rp 1 miliar, dimana Grab segera melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 5 agen tersebut,” kata Honggono melalui rilisnya kepada Online24jam.com, Sabtu (9/6/2018).

Baca Juga: Ketahuan Berbuat Curang Oknum Call Center Grab Kantongi Rp 1 Miliar

Selain PHK, kata dia, seluruh dana yang dicuri telah dikembalikan kepada mitra pengemudi yang menjadi korban tindak kejahatan tersebut.

Kejadian ini sendiri dilaporkan Grap pada 19 Maret 2018. Honggono mengatakan Grab telah melaporkan seluruh informasi terkait tindak kejahatan ini kepada polisi.

Kelima pelaku sendiri kini sudah diamankan di Polda Metro Jaya. Para pelaku berhasil mencuri dana insentif pengemudi Grabcar dengan mengganti data-data mitra untuk membelokkan uang insentif.

Ke depan, lanjut Honggono, Grab akan membatasi akses agen call center agar kejadian yang sama tidak terulang. “Kami telah mengambil tindakan lebih lanjut guna membatasi akses yang mereka miliki dan memastikan hal ini tidak akan terulang kembali,” tandasnya.