Jelang Idul Fitri, Dinas PKP Parepare Sidak Penjual Daging

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24, Parepare-Mengantisipasi makanan yang mengandung bahan berbahaya, Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP) Kota Parepare melakukan pengawasan pangan dan bahan berbahaya dengan cara inspeksi mendadak (Sidak) para pedagang daging sapi dan daging ayam di pasar Lakessi. Sabtu (09/06/2016).

Kepala Dinas PKP, Rostina, mengatakan, pihaknya melakukan pemantauan dan survei formalin dan juga mengecek kualitas dan kuantitas dari daging yang diperjualbelikan di pasar. Guna mengetahui kondisi dari daging tersebut sebelum edar ke warga.

“Kita ingin menjamin ketersediaan daging tercukupi, dan menjamin daging tersebut aman konsumsi,” ujarnya.

Rostina mengimbau para pedagang agar menjaga harga daging tetap stabil.

“Kita ingatkan agar pedagang jangan menaikkan harga dagingnya hingga IdulFitri mendatang,” katanya.

“Kita sudah mengecek dan mengambil sempel daging, hasilnya belum ditemukan adanya daging yang mengandung formalin,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas PKP, Wildana.

Wildana berharap tidak ada pedagang yang menjual daging dengan mencampur bahan berbahaya seperti formalin.

“Kita berharap kesadaran pedagang terus dijaga. dan untuk kondisi stok daging, kita masih surplus dengan daging yang berkualitas, aman, sehat dan halal,” katanya.

Sementara, Dokter hewan (drh) Nurdin membenarkan, hasil pengecekan daging secara kuantitas tidak ditemukan daging mengandung bahan berbahaya.
“Hasil sempelnya tidak ditemukan,” ujarnya.

drh Nurdin, mengatakan, pihaknya melakukan beberapa kali uji terhadap sempel daging tersebut.
“Kita uji terutama pada organ daging dan air yang dipakai untuk mencuci daging tersebut, hasilnya kita tidak menemukan daging yang mengandung bahan pengawet. Daging di pasar aman,” katanya.