Terserang Flu Saat Puasa? Ini Penyebabnya

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Perubahan cuaca yang ekstrem dan tidak menentu membuat tubuh kita rawan terserang berbagai penyakit, khususnya flu. Flu mudah menyerang ketika kekebalan tubuh sedang menurun.

Dampaknya tidak hanya mempengaruhi nafsu makan, namun flu juga membuat tubuh Anda terasa lemas dan tidak bersemangat. Terlebih jika Anda sedang menjalani puasa, tentu hal ini akan membuat tubuh Anda semakin tidak bertenaga.

Mungkin ada baiknya anda simak tips berikut ini:

1. Penuhi asupan nutrisi saat sahur dan berbuka
Ketika berpuasa, Asupan nutrisi dan vitamin dalam makanan saat berbuka dan sahur. Terutama vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan sistem imun dan melindungi tubuh agar tidak mudah sakit flu saat puasa seperti vitamin A, C , E, dan zinc.

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama berpuasa adalah ubi jalar, salmon, daging rendah lemak; ayam maupun sapi, yogurt, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat ramuan dari campuran jahe, lemon, madu, dan kayu manis yang bisa dikonsumsi saat berbuka puasa untuk mencegah dan mengobati flu saat puasa.

2. Minum air putih yang cukup
Selama berpuasa, banyak orang yang cenderung memilih mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula dibandingkan dengan air putih. Hal inilah yang membuat orang yang berpuasa mudah mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, Anda harus berusaha memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih saat sahur dan berbuka.

3. Konsumsi suplemen pelengkap

Ada beberapa orang yang kesulitan memenuhi asupan nutrisi dan vitamin selama puasa dikarenakan sulitnya mengontrol asupan makanan. Jika ini masalahnya, Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan yang dikonsumsi ketika berbuka dan sahur.

Pastikan jika suplemen yang Anda konsumsi memiliki kandungan vitamin C dan zinc yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun agar terhindar dari serangan penyakit.