Lakukan Hal Ini Agar Mudik Dengan Kendaraan Pribadi Jadi Nyaman dan Aman

Editor : M N Ubay
Ilustrasi
Ilustrasi

Online24, Makassar – Lebaran tinggal menghitung hari lagi. Mudik pada hari lebaran sudah menjadi budaya yang mengakar bagi masyarakat Indonesia. Para perantau berbondong bondong kembali ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga dan sanak Family di kampung halaman.

Moda transportasi yang dipilih oleh pemudik pun beragam, ada yang lebih memilih menggunakan transportasi laut, darat dan udara.

Untuk jalur darat sendiri, mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil masih menjadi favorit.

Nah agar mudik anda nyaman dan aman sampai kampung halaman, tidak ada salahnya untuk mengikuti tips ini.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Hal ini sangat penting untuk dilakukan sebelum menggunakan kendaraan anda. Lakukan servis kendaraan yang akan digunakan untuk memastikan semua bagian-bagian penting kendaraan berfungsi dengan baik. Usahakan untuk periksa mesin, rem, oli, air bag dan roda.

2. sediakan P3K dan Obat-obatan

Pastikanobat-obatan dan kotak P3K selalu tersedia di dalam mobil. Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa orang yang memiliki gangguan kesehatan pada saat melakukan perjalanan darat dengan mobil yang biasa kita kenal dengan mabuk darat.

Orang yang mabuk darat biasanya akan mengalami gejala seperti pusing, mual dan muntah-muntah. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan kamu saat mudik, oleh karena itu antisipasi terjadinya hal ini dengan mengkonsumsi obat anti mabuk terlebih dahulu sebelum mudik.

3. Simpan Persediaan Makanan di Dalam Mobil

Kemacetan saat mudik itu sering terjadi, kemacetan bisa terjadi dimana saja, seperti di dalam tol, di jalanan panjang atau jalanan kecil yang menjadi jalur mudik. Oleh karena itu, penting untuk membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Saat berkendara di tengah kemacetan yang membuat stress, Anda bisa berpotensi lapar dan haus, bahkan hal ini bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat menyetir.

Hindari mengendarai kendaraan jarak jauh dalam kondisi lapar, Anda sebaiknya makan terlebih dahulu lalu melanjutkan kembali perjalanan Anda. Sebab itu, penting untuk menyediakan makanan ringan seperti buah-buahan, roti, atau snack favorit saat mudik dengan kendaraan pribadi.

4. Jangan Isi Penumpang Melebihi Kapasitas

Hindari mengangkut penumpang melebihi kapasitas mobil, sebab hal itu berpotensi mengancam keselamatan penumpang itu sendiri.

5. Bawa Uang Tunai

Bawa uang tunai sucukupnya, buatlah perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan. Hitunglah mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang terkecil sekalipun seperti biaya parkir dan biaya buang air di WC umum. Bayangkan saja apabila kamu sedang di perjalanan, macet, sedang kelaparan dan tidak ada makanan. Hanya ada pedagang keliling saja di jalanan. Apa mungkin membayar mereka tanpa menggunakan uang tunai? Jadi, selalu siapkan uang tuna untuk mengantisipasi hal ini.

6. Beristirahat Saat Merasa Lelah

Jangan paksakan diri untuk terus menyetir jika Anda sudah kelelahan. Ambillah waktu untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat, misalnya di pom bensin terdekat atau tenda-tenda peristirahatan terdekat. Kembalilah menyetir ketika tubuh sudah kembali fit.