Pastikan Mudik Aman, BNNP Sulsel Tes Urine Supir Bus di Terminal Regional Daya

Reporter :
Editor : M N Ubay

Online24, Makassar– Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan menggelar tes urine terhadap para supir bus lintas daerah. Tes ini dilakukan untuk menjamin keselamatan para pemudik.

Tes urine ini dilakukan di Terminal Regional Daya, Kota Makassar. Kegiatan ini bekerja sama dengan aparat kepolisian dari Polda Sulawesi Selatan, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Provinsi.

“Tes urine ini tujuannya untuk melakukan pencegahan dini terhadap kecelakaan yang diakibatkan pengaruh narkotika,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sulsel, Jamaluddin, Sabtu (9/6/2018).

Dia menekankan agar para supir mau pun kondektur bus tidak berada di bawah kendali narkotika ketika mengangkut para pemudik. Untuk itu, pihaknya melakukan tes urine.

“Jadi semua supir malam ini kita periksa, jika memang ada yang positif langsung kita assessment. Jika pengguna berat akan di rehab,” kata dia.

Tes urine dilakukan di Posko terpadu pengamanan mudik lebaran. Para supir diberi sebuah wadah untuk menampung urinenya untuk dites menggunakan alat yang bisa mendeteksi apakah urin seseorang mengandung narkoba atau tidak.

“Ada sekitar 20 supir kami periksa urine nya,untuk sementara tidak yang positif mengandung narkotika,” pungkas Jamaluddin.