Unismuh Makassar Jadi PTS Pertama Selenggarakan Festival Tari Mahasiswa Nasional

Reporter :
Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Ukm Seni dan Budaya (SB) Talas Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar festival tari mahasiswa nasional yang bertajuk Variasi 5 Makassar pada tahun 2019 mendatang.

Event nasional ini akan diikuti oleh Pekerja Seni Kampus (PSK) Perguruan tinggi se nusantara. Sebelumnya ajang ini digelar UKMF Kesenian Jantung Teater Universitas Negeri Jember.

Ketua Panitia Variasi 5 Makassar, Nurul Rafia Mursalim mengatakan festival tari mahasiswa nasional ini merupakan ajang kompetisi tari yang mempertemukan mahasiswa se-nusantara yang mengedepankan silaturahmi.

“Dalam acara ini ada 12 kategori yang dilombakan mulai dari penyaji terbaik hingga desain grafis terbaik,” kata dia saat konfrensi pers di Kampus Unismuh Makassar, Minggu (10/6/2018).

Menurutnya, festival tari dengan tema Tubuh Tari dan Tuhan ini akan diselenggarakan tahun 2019 tepatnya pada bulan April mendatang. Namun pendaftarannya di mulai hari ini hingga tanggal 17 November 2018.

“Pendaftaran telah kami buka mulai hari ini, bisa mendaftar via online mau pun via offline untuk lebih jelasnya lihat informasi di intagram Variasi 5 Makassar dan Fan Fage di Facebook,” tambahnya.

Sementara Erwin Akib Selaku Pembina UKM SB Talas, mengatakan Kampus Muhammdiyah Makassar merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang akan menyelenggarakan festival tari mahasiswa nasional (Variasi).

Pasalnya sejak diselenggarakan pada tahun 2013 silam, seluruh tuan rumah selaku penyelenggara adalah Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. Seperti Universitas Negeri Makassar, Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya Palembang dan terakhir Universitas Negeri Jember.

“Unismuh menjadi Perguruan Tinggi Swasta Pertama yang menjadi tuan rumah di festival tari mahasiswa nasional ini. Ini tak terlepas dari unsur kreativitas dari teman-teman Talas,” katanya

Selain itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr H Abd Rahman Rahim yang turut hadir dalam acara konfrensi pers tersebut sangat mendukung acara Variasi 5 Makassar. Dia berharap agar acara ini dibuka langsung oleh salah seorang mentri.

“Inikan acara nasional, jadi saya berharap salah seroang mentri yang akan membuka acara ini, entah itu mentri pariwisata mau pun mentri pendidikan,” harapnya.