555 Warga Binaan Lapas Makassar Diusulkan Dapat Remisi

Reporter :
Editor : Muh. Idris

Online24, Makassar– Sebanyak 555 warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas I Makassar menerima pengusulan pemotongan masa tahanan (remisi) menjelang perayaan hari Idul Fitri 1439 H.

“Iya ada pak yang kami usulkan sebanyak 555 orang bagi yang beragama islam,” kata Ikra selaku Pengelola Remisi Lapas Klas I Makassar saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Minggu (10/6/2018) malam.

Menurut dia, para warga binaan Lapas Klas I Makassar yang diberikan pemotongan masa tahanan (remisi) adalah narapidana yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

“Masa hukuman minimal satu tahun dan berkelakuan baik selama enam bulan. Semua kasus kami berikan asalkan memenuhi syarat untuk diusulkan remisi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Permasyarakatan Sulawesi Selatan, Marasidin Siregar mengatakan sebanyak 3.758 warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) se-Sulsel mendapatkan remisi hari Raya Idhul Fitri 1439 H.

Remisi tersebut diberikan kepada warga binaan menjelang hari raya.

“Ada 3.758 Narapidana yang akan diberikan remisi tahun ini, itu jumlah keseluruhan di wilayah Sulawesi Selatan. Kalau tidak dapat bukan karena kasusnya, akan tetapi ada persyaratan yang belum terpenuhi,” tukas Marasidin.

Terkait hal itu, pihak jajaran Kejaksaan Tinggi Sulsel dan Kantor Wilayah Kemenkumham telah melakukan rapat koordinas terpadu. Dimana nantinya akan dihadiri kejari daerah yang melibatkan Kepala Lapas maupun Kepala Rutan, kepolisian dan hakim.