Empat Tradisi Ramadan Tempo Dulu Yang Kini Terlupakan

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Tidakkah anda rasakan perbedaan yang sangat menyolok pada Ramadan kali ini?

Terkadang pekerjaan dan aktivitas yang padat menyita waktu untuk menikmati momen ngabuburit bersama keluarga atau teman yang dulu setiap hari dirasakan. Jangankan untuk buka bersama teman, buka puasa bersama keluarga di rumah saja terkadang sangat sulit dilakukan.

Tidak hanya itu, kemajuan teknologi juga membuat kita tanpa sadar telah mengalami banyak perubahan terkait kebiasaan yang dilakukan di bulan Ramadhan.

1. Berburu Takjil
Berjalan kaki atau bersepeda menjelang berbuka puasa untuk mencari takjil adalah salah satu tradisi yang pernah dirasakan anak-anak 90-an. Biasanya di waktu-waktu tersebut, jalanan penuh dengan orang-orang yang berjalan-jalan santai untuk ngabuburit sembari mencari makanan untuk berbuka. Meskipun tradisi seperti ini masih dilakukan sampai sekarang, namun kondisinya sudah tidak seasyik dulu, sebab kebanyakan orang kini lebih memilih ngabuburit dengan menggunakan sepeda motor atau mobil yang membuat jalanan bertambah padat dan tidak nyaman.

2. Agenda Ramadan
Masih ingat dengan buku kegiatan Ramadhan? Kalo kalian generasi ’90-an pasti pernah mengisi buku yang diberikan sekolah menjalang Ramadan. Kegiatan mengisi buku Ramadhan ini menjadi tren tempo dulu. Kita harus datang lebih awal ke masjid untuk mencatat ceramah ustaz dan bertahan hingga salat berakhir dan jamaah masjid bubar untuk meminta tanda tangannya sebagai bukti bahwa kita mendengarkan ceramahnya sampai akhir. Tapi, kegiatan mengisi buku agenda Ramadan semakin ‘pudar’ sejak hadirnya smartphone. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga lebih senang menulis status atau kegiatannya di sosial media selama bulan Ramadhan.

3. Tontonan
Saat Ramadhan tiba, televisi nasional berlomba membuat program-program bertema religi. Salah satunya adalah sinetron atau serial dengan tema Ramadhan, seperti misalnya “Lorong Waktu” atau “Keluarga Cemara” yang pernah begitu terkenal dulu. Namun sayangnya sekarang tergeser dengan kehadiran konten digital seperti video-video vlog, tiktok, serta hiburan lainnya yang jauh dari nuansa religious.

4. Games dan Kreasi
Beberapa jenis permaianan yang dulu menjadi favorit generasi 90an di bulan Ramadhan. Selain menghibur, juga membuat waktu berbuka puasa tak terasa lama. Misalnya Enggran atau meriam bambu. Namun permaianan ini sudah banyak dilupakan. Dan tergantikan dengan kehadiran smartphone, begitu juga tradisi dan kreasi lampion berbentuk bintang bulan. Kini sudah tidak ada lagi.

Nah, apa tradisi anda dulu???

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu